Sukses

Beauty

Hindari 6 Makanan Ini Saat Olahraga Agar Tidak Kram Seperti Anthony Ginting

Pebulutangkis tunggal putra Timnas Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tidak mampu menyelesaikan pertandingan dengan sempurna di final beregu putra Asian Games 2018, karena ia harus ditandu keluar lapangan karena mengalami kram kronis di kaki kirinya.

Ia pun terpaksa mundur ketika kedudukan 21-14, 21-23, 20-21, pada Rabu (22/8), di Istora Senayan, Jakarta. Dan dinyatakan kalah dari Shi Yuqi yang menjadi wakil pertama China.

Nah ladies, agar tidak terjadi hal yang seperti Ginting ketika kita berolahraga, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum olahraga. Dilansir dari womenshealthmag.com, berikut daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum olahraga.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mentah seperti kangkung, bayam, dan brokoli dapat menyebabkan ketidaknyamanan serius ketika sedang bepergian. "Sayuran berdaun hijau dijamin menyebabkan perut distensi seperti banyak gas di perut dan menyebabkan kembung," ungkap Philip Goglia, Ph.D., penulis of Turn Up The Heat: Unlock the Fat-Burning Power of Your Metabolism.

Lebih baik kamu mengonsumsi salad hijau sebelum berolahraga. Katie Serbinski, registered dietitian and founder of Mom to Mom Nutrition mengatakan, campurkan buah favorit dengan setengah cangkir sayuran, air, dan beberapa gandum kering atau granola, makanan ini juga dapat membuat berat badan turun dengan mudah.

2. Minuman olahraga

Sebagian besar merek minuman khusus olahraga sebenarnya menawarkan sedikit gizi namun terlalu banyak gula. "Minuman olahraga dapat menawarkan beberapa vitamin dan elektrolit, tetapi kadar gula tinggi dapat berjalan melalui sistem tubuh, dan dalam sekejap menyebabkan kamu menjadi lemas," kata Serbinksi.

"Sebaliknya, memilih jus natrium seperti tomat, yang memiliki kalium, dapat meningkatkan tekanan darah yang sehat, dan dapat membantu tetap terhidrasi berkat kandungan rendah sodium," ujar Nancy Teeter, ahli diet.

Cegah kram kaki dengan menghindari sekian makanan ini/copyright Shutterstock.com

3. Hummus dan kacang

Tidak di ragukan lagi kacang merupakan sumber protein. Tapi hummus dan kacang juga sering mengandung banyak minyak.

"Jika kamu telah merendam kacang sebelum dimasak, maka tidak ada risiko. Tetapi jika tidak kacang berisiko menjadi makanan tinggi jamur yang dapat menyebabkan peradangan dan pengurangan konsumsi oksigen,"kata Goglia.

4. Roti gandum dan Muffin

"Gluten terikat adalah inflamasi, yang berarti mereka tahan air dan menyebabkan kembung," kata Goglia.

Makanan tersebut menyediakan energi karena banyak gula, jadi efek samping lebih besar dibanding manfaatnya. Sebaiknya, kamu memilih bahan makanan seperti tortilla putih yang memiliki serat yang rendah, serta mentega kacang dan irisan pisang untuk ekstra energi.

5. Makanan pedas

Tidak ada yang ingin merasakan kram, nyeri ulu hati setelah olahraga, risiko tersebut dapat Dialami ketika kamu makan makanan pedas sebelum olahraga.

"Makanan dengan banyak rasa dan bumbu memerlukan banyak waktu pencernaan, pengaturan untuk tidur siang daripada latihan berat," kata Goglia.

6. Kue dan cokelat

Kue atau cokelat, banyak mengandung gula. "Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat atau kue, pastikan menawarkan setidaknya 50-50 gula sehat dan kandungan lemak.

Jadi, untuk mencegah kram terjadi selama olahraga, pastikan kamu menghindari dulu mengonsumsi sekian makanan di atas sebelum olahraga ya ladies.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading