Sukses

Beauty

4 Makanan Sehat Sebaiknya Dikonsumsi Untuk Menaikkan Trombosit

Trombosit merupakan keping sel yang mengalir dalam tubuh. Tugas dari trombosit sendiri adalah untuk menghentikan darah saat terjadinya luka di tubuh. Saat trombosit berada di luar pembuluh darah atau terkena benda keras, ia akan pecah.

Pada beberapa kasus, kekurangan trombosit pada tubuh bisa berisiko kematian. Ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit tifus, memar, keluar darah dari hidung, telinga serta mulut, demam berdarah, anemia aplastik, leukimia, mielofibrosis dan pendarahan yang sulit berhenti. Untuk itulah, setiap orang perlu menjaga kadar trombosit dalam tubuhnya.

Melansir dari laman liputan6.com, untuk menaikkan serta menjaga kadar trombosit dalam tubuh, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa menaikkannya. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

Jambu Biji
Nutrisi yang terkandung di dalam jambu biji sangat baik dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Untuk menaikkan trombosit, jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung atau dijus.

Biji-Bijian
Makanan yang termasuk biji-bijian kaya akan vitamin B9. Vitamin inilah yang dipercaya sangat baik dalam meningkatkan trombosit dalam tubuh.

Kacang-Kacangan
Selain biji-bijian, makanan yang juga dipercaya bisa meningkatkan trombosit adalah kacang-kacangan. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan ini seperti vitamin D, K dan fibrinogen ampuh menyerap kalsium sehingga bisa menaikkan trombosit dengan baik.

Sayur Bayam
Makanan selanjutnya yang bermanfaat menaikkan trombosit adalah sayur bayam. Vitamin K dan nutrisi lain yang terkandung di sayur ini begitu baik dalam bantu tubuh memproduksi trombosit. Bayam bisa dikonsumsi secara langsung sebagai jus sayur, diolah menjadi sayur bening, sayur rebus atau keripik bayam.

Ladies, itulah sedikitnya empat makanan sehat yang bermanfaat menaikkan trombosit dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan cobalah untuk semakin menyukai makanan-makanan tersebut ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading