Sukses

Beauty

Terbiasa Duduk Lama Saat Bekerja? Ini Tips Agar Tubuh Tetap Fit & Bugar

Duduk dalam waktu yang lama bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman. Ini juga bisa menimbulkan berbagai macam kesehatan. Mulai dari tubuh mudah lelah, lemas, berat badan naik, risiko penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes hingga risiko punggung serta pinggang sakit.

Orang yang bekerja di kantor umumnya akan duduk lama setiap harinya. Mereka bisa duduk lebih dari 8 jam setiap harinya. Jika hal ini terus terjadi tanpa diimbangi pola hidup sehat dan olahraga cukup, tentunya ini akan meningkatkan beragam masalah kesehatan. Melansir dari laman Liputan6.com, ada beberapa tips agar tubuh tetap fit dan bugar meski duduk lama saat bekerja setiap harinya.

Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini.

Lakukan Peregangan
Pastikan untuk melakukan peregangan tubuh. Disarankan agar kamu melakukan peregangan setiap 10 menit sekali. Peregangan akan membuat sendi otot yang kaku bisa lemas kembali. Ini juga bisa menurunkan risiko nyeri atau kram karena duduk terlalu lama.

Berdiri
Usahakan untuk berdiri selama beberapa waktu ketika bekerja. Berdiri ini bisa kamu lakukan setiap 30 menit sekali. Tak perlu lama-lama, kamu hanya perlu berdiri sedikitnya selama 1 menit. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar tempat duduk.

Latihan Kebugaran di Waktu Senggang
Tak ada salahnya untuk melakukan kebugaran di waktu senggang misalnya saat makan siang. Latihan kebugaran bisa membantu kamu dapatkan tubuh yang lebih energik, pikiran lebih nyaman dan semangat lebih membara untuk bekerja.

Latihan Penguatan Bahu
Kamu bisa melakukan latihan penguatan bahu agar tubuh senantiasa fit dan sehat. Caranya adalah, duduk dalam posisi tegak, posisikan kaki rata dengan tanah, selanjutnya angkat tangan ke bagian sisi kanan dan kiri kepala, tarik nafas dalam-dalam, tanah selama 30 detik kemudian hembuskan. Lakukan ini kurang lebih selama 2 sampai 5 menit.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk dapatkan tubuh yang senantiasa fit dan bugar meski terbiasa duduk lama saat bekerja. Selain hal di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan memiliki pola makan sehat, hindari ngemil di meja kerja, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan hindari berbagai makanan siap saji. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading