Sukses

Beauty

Bukan Hanya Sakit Perut, Ini Tanda Lain Adanya Gangguan Pencernaan

Seperti yang kita tahu, bahwa sakit perut selalu identik dengan kondisi pencernaan yang bermasalah. Padahal, sebenarnya ada banyak gejala dari gangguan pencernaan lainnya yang kerapkali tidak disadari atau dianggap sepele karena tidak berkaitan dengan organ pencernaan.

Agar kamu lebih tahu, berikut ini beberapa tanda yang bisa memberitahu bahwa kamu punya penyakit pencernaan.

1. Cegukan
Cegukan bisa dianggap hal yang wajar bila terjadi rangsangan saraf di bawah paru. Namun, kalau cegukan bisa lebih dari satu jam atau sangat sering terjadi, bisa saja hal ini sebagai tanda pencernaan bermasalah. Gangguan pencernaan yang ditandai dengan cegukan merupakan penyakit refluks gastroesofageal atau GERD. Penyakit ini disebabkan kelemahan otot di kerongkongan bagian bawah, sehingga menyebabkan asam lambung naik dan pertanda kanker saluran pencernaan.

2. Sering kentut
Kentut merupakan hal normal dalam saluran pencernaan sebagai mekanisme tubuh untuk mengeluarkan udara yang terlalu banyak di saluran pencernaan. Namun, kamu perlu perhatikan seberapa sering frekuensi kentut yang disertai bau yang tidak sedap. Hal ini bisa jadi merupakan tanda infeksi saluran pencernaan. Selain itu, kentut juga bisa menjadi pertanda pencernaan tidak bisa menerima makanan tertentu, karena ada zat makanan yang tidak mampu dicerna tubuh.

3. Sembelit
Penyebab gangguan pencernaan juga bisa ditandai dengan adanya sembelit, jarang buang air besar, dan feses yang keras. Meski demikian, sembelit juga bisa menjadi tanda adanya penyakit sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Dilansir dari KlikDokter, IBS merupakan gangguan pencernaan yang dicetuskan oleh stres. Penderitanya sering mengalami sembelit dan sakit secara berulang. Umumnya, setelah penderitanya berhasil buang air besar, sakit perutnya perlahan akan menghilang.

4. Feses berwarna hitam
Selalu perhatikan warna feses setelah buang air besar, karena feses yang berwarna hitam dengan konsistensi lembek atau encer menandakan adanya pendarahan pada saluran pencernaan yang harus segera ditangani oleh dokter. Selain itu, pendarahan saluran cerna juga bisa disebabkan adanya luka atau tumor di saluran pencernaan.

5. Mata kuning
Mata kuning disebabkan terlalu banyaknya bilirubin (pigmen air empedu berwarna kuning kemerahan yang merupakan hasil pemecahan sel darah merah oleh hati) di dalam darah. Adanya mata kuning bisa menunjukkan bahwa proses metabolisme tidak berjalan baik. Penyebabnya bisa dikarenakan gangguan pada hati atau saluran empedu yang merupakan bagian dari saluran pencernaan.

Setelah mengetahui tanda-tanda gangguan pencernaan, tentunya kamu bisa selalu perhatikan tiap kali merasakan hal tersebut. Dengan begitu kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan adanya gangguan pencernaan. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading