1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

5 Cara Meredakan Otot Kaku yang Paling Nyaman

Minggu, 12 Agustus 2018 13:00 Penulis: Endah Wijayanti
Cara meredakan otot kaku./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Otot terasa kaku karena jarang olahraga? Atau karena duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer? Otot kaku ini memang bikin tubuh jadi terasa makin sakit semua. Belum lagi lagi dengan risiko cedera pada otot atau sendi bila melakukan aktivitas yang berat secara mendadak.

Untuk meredakan otot kaku, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ladies. Bahkan ada sejumlah cara yang paling nyaman yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah nyeri dan otot kaku ini. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

1. Berendam dengan garam Epsom (Epsom salt)
Garam Epsom mengandung magnesium dan salah satu khasiatnya adalah mencegah penggumpalan darah. Memijat bagian otot yang sakit atau nyeri dengan garam Epsom (seperti yang dilansir dari boldsky.com) juga bisa bantu meredakannya. Berendam dengan garam Epsom juga bisa jadi salah satu cara paling nyaman untuk mengatasi otot-otot tubuh yang kaku.

2. Pakai kompres hangat
Untuk melancarkan aliran darah kita bisa mengompres area tubuh yang otot-ototnya sakit dengan kompres hangat. Bisa menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air hangat terlebih dahulu. Tapi jangan menggunakan kompres yang terlalu panas dan terlalu lama karena dampaknya nanti malah bisa menghentikan sirkulasi darah.

3. Pijat
Pijatan lembut bisa bantu memperlancar aliran darah dan meredakan nyeri otot. Disarankan untuk minta dipijat oleh seseorang yang memang sudah punya pengalaman. Jangan sampai sembarang memijat karena khawatir nanti otot jadi terasa makin sakit kalau salah dalam teknik pemijatanya.

4. Peregangan otot (stretching)
Melansir lifehack.org, otot kaku bsia disebabkan karena terlalu tegang. Bisa karena jarang gerak atau berada dalam satu posisi yang buruk dalam jangka waktu lama (seperti membungkuk berjam-jam untuk bekerja di depan laptop). Untuk itu yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan sirkulasi darah dan melenturkan kembali otot tubuh. Bisa dimulai dengan melakukan stretching ringan menarik kedua tangan ke atas dan memutar pinggang.

5. Perbanyak jalan kaki
Jalan kaki santai pun bisa jadi cara efektif untuk mengatasi otot kaku dan memperlancar sirkulasi darah. Apalagi kalau dilakukan di ruang terbuka dengan udara yang segar, tubuh pastinya akan terasa makin bugar.

Cukup tidur dan perbanyak minum air putih juga jadi cara efektif untuk mencegah otot kaku. Pastinya tubuh pun butuh gerak yang cukup agar kelenturan otot bisa terjaga. Selain itu, hindari stres juga ya ladies. Karena stres pikiran juga bisa berdampak pada otot-otot tubuh yang kaku karena tegang.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Alasan Bella Shofie Tak Ekspos Kehamilannya