Sukses

Beauty

Multivitamin Tidak Bermanfaat Banyak Untuk Jantung, Menurut Penelitian

Kebutuhan nutrisi, terutama vitamin, sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan kesehatan tubuh pada umumnya. Namun tahukah kamu bahwa minum pil suplemen atau multivitamin hanya untuk menjaga kesehatan jantung ternyata tidak ada gunanya?

Dilansir dari Medical News Today, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Circulation:Cardiovascular Quality and Outcomes menemukan bahwa minum multivitamin tidak memberi banyak manfaat berarti untuk kesehatan jantung.

Penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data dari 18 uji klinis dan studi kohort prospektif pada populasi umum sebanyak lebih dari 2 juta peserta selama kurang lebih 12 tahun ini menemukan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan suplemen multivitamin dan mineral dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Peneliti mencoba melihat apakah mutivitamin memang bisa berfungsi mencegah stroke, serangan jantung, dan kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Multivitamin tidak berpengaruh banyak terhadap pencegahan penyakit jantung/copyright Shutterstock.com

Joonseok Kim, asisten profesor kardiologi di University of Alabama di Birmingham mengatakan, "Penelitian kami mendukung saran ahli saat ini untuk mengonsumsi suplemen (multivitamin dan mineral) rutin dengan tujuan mencegah penyakit kardiovaskular."

Peneliti bahkan sudah memasukkan perlakuan diet sehat, olahraga, berhenti merokok, mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol yang tidak sehat, untuk mendukung penelitian ini, namun ternyata konsumsi multivitamin tidak menunjukkan efek berarti. Hasilnya tidak signifikan ketika diuji hanya dengan data dari uji coba terkontrol secara acak.

Kim juga mengungkapkan bahwa sulit melihat hubungan bahwa multivitamin dan suplemen mineral bisa mencegah penyakit kardiovaskular.

Jadi ladies, daripada minum multivitamin saja, ada baiknya jika kesehatan jantung didukung dengan pola hidup sehat yang nyata seperti olahraga dan mengatur pola makan.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading