Sukses

Beauty

5 Cara Agar Mendapatkan Tidur Yang Nyenyak Serta Berkualitas

Tidur salah satu hal yang dapat membuat tubuh kita beristirahat. Namun, banyaknya pekerjaan menutut banyak orang tidak tidur secara nyaman.

Bahkan, banyak dari kita memaksan diri untuk tidur tidak sesuai dengan jam yang baik melakukan tidur. Padalah tidur berkualitas bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

“Sebagian besar dari kita membiarkan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari turut menentukan waktu tidur dan bangun. Jutaan orang hari ini memaksa tubuh mereka untuk menyesuaikan diri dengan jadwal tidur buatan, sangat mempengaruhi pola tidur maupun kesehatan secara negative,” ujar Dr. Michael Breus, PhD, dokter tidur yang hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Princess Cruises.

Dr. Michela Breus pun memberikan lima langkah untuk kamu mendapatkan tidur yang berkualitas agar dapat meningkatkan istirahat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Langkah 01: Kenali Waktu Tidur dan Tetapkan Satu Jadwal Tidur

Langkah terpenting adalah menetapkan jadwal tidur teratur setiap hari. Hal ini berarti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ketika waktu tidur memiliki ritme yang teratur, maka jam biologis akan tersesuaikan dan semua fungsi tubuh yang lain akan lancar, termasuk tidur.

Langkah 02: Nikmati 15 Menit Sinar Matahari Pagi

Menikmati sinar matahari pagi selama 15 menit setiap hari dapat membantu mengatur produksi melatonin atau hormon tidur. Jam tubuh internal berjalan dengan jadwal 24 jam dan berfungsi paling baik ketika Anda terkena pola terang dan gelap teratur. Perubahan dalam keadaan cahaya dan gelap dapat berdampak negative bagi kemampuan tidur nyenyak.

Langkah 03: Hilangkan Semua Kafein Mulai dari Pukul 2 Siang

Berhenti konsumsi kafein mulai pukul 2 siang guna membantu tidur lebih nyenyak. Kafein memiliki efek sekitar 8 jam, yang berarti tingkatnya berkurang dari waktu ke waktu, tetapi masih aktif dalam sistem tubuh setelahnya. Kafein adalah stimulan dan hal ini akan mencegah tidur nyenyak dan berkualitas.

Langkah 04: Latihan 20 Menit Setiap Hari

Tidak perlu berlari maraton, tetapi hanya melakukan latihan sederhana sehari-hari seperti parkir mobil jauh dari kantor, sehingga dapat berjalan kaki, atau berjalan santai pada umumnya. Hal tersebut akan membantu mendapatkan tidur nyenyak.

Langkah 05: Berhenti Olahraga 4 Jam Sebelum Tidur

Olahraga dapat menjaga otot dan tulang tetap kuat dan kesehatan kardiovaskular dengan baik. Banyak orang yang menjalani hidup tidak aktif serta tidak berolahraga secara teratur kehilangan tidur nyenyak. Data tidak hanya menyarankan hal tersebut, berolahraga di siang hari akan menjadi pengantar tidur yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun olahraga juga menyebabkan tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan yang membantu untuk memperbaiki dan meremajakan diri. Banyak orang dapat tidur lebih baik dengan berolahraga, dan mereka pun merasa lebih bugar keesokan harinya.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu perhatikan agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading