Sukses

Beauty

Menurut Para Ahli, Tubuh Manusia Sekarang Kekurangan 7 Nutrisi Ini

Saat ini karena banyaknya fast food dan makanan cepat saji lainnya membuat manusia sekarang menjadi kurang tertarik untuk memiliki gaya hidup yang sehat. Mereka cenderung memilih makanan yang enak, praktis, dan kurang serat. Padahal menurut salah satu ahli nutrisi, Suzie Sawyer manusia sekarang sangat butuh asupan gizi yang seimbang pada tubuh.

Jangan hanya alasan sibuk atau tidak punya banyak waktu untuk makan sehat. Bahkan olahraga serajin apapun, hasilnya tidak akan maksimal jika tidak didukung dengan nutrisi yang cukup. Untuk itu kamu perlu tahu apa saja gizi yang sangat penting untuk tubuh berikut ini.

1. Vitamin D

Vitamin ini memiliki fungsi untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, masalah kardiovaskular, serangan asma, depresi, dan multiple sclerosis.

2. Zat besi dan B12

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dengan gejala kelelahan, jantung berdebar, dan sesak napas. Anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan folat, yang keduanya diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

3. Asam folat

Nutrisi ini adalah sejenis vitamin B yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah, dan penting untuk masa kehamilan sebagai yang membantu membentuk otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

4. Yodium

Yodium adalah salah satu nutrisi yang penting untuk hormon tiroid yang berfungsi membantu mengontrol metabolisme tubuh. Selama kehamilan, yodium penting untuk menjaga kesehatan otak janin yang sedang berkembang dan perkembangan kognitif anak di tahun-tahun awal mereka. Faktanya, kekurangan zat yodium akan membuat IQ seseorang menjadi lebih rendah.

5. Asam lemak omega-3

Faktanya, tubuh tidak dapat dapat membuat asam lemak esensial ini, jadi kita harus mendapatkannya dari makanan atau melalui suplemen. Studi mengatakan asam lemak omega-3 berfungsi untuk penurunan risiko penyakit jantung, beberapa kanker, dan demensia.

6. Magnesium

Tubuh yang kekurangan magnesium bisa membuatnya kekurangan energi, karena mineral keempat terbanyak dalam tubuh ini memiliki peran penting dalam menjaga irama jantung yang normal, kontraksi otot, fungsi saraf, kontrol tekanan darah, glukosa, metabolisme insulin, dan massa tulang.

7. Selenium

Tubuh memerlukan selenium untuk membuat selenoprotein yang berfungsi seperti antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, kanker, kekebalan yang buruk, rentan penyakit degeneratif, dan peradangan.

Nah, itu dia yang harus kamu pahami tentang asupan apa saja yang sangat penting untuk tubuh. Yuk mulai jaga pola makan mulai dari sekarang!

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading