Sukses

Beauty

Demi Kesehatan Pencernaanmu, Jangan Lakukan Ini Setelah Makan

Menjaga pola makan dan kebiasaan makan yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Termasuk hal-hal yang kita lakukan setelah makan juga bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan tubuh kita.

Setelah makan, ada beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan. Karena kalau kamu melakukan hal-hal ini, kesehatan pencernaan bisa ikut terganggu. Berikut sejumlah hal yang sebaiknya tak kamu lakukan setelah makan seperti yang dikutip dari thecrazyfacts.com.

1. Merokok
Merokok jelas tidak baik untuk kesehatan. Apalagi kalau aktivitas merokok dilakukan setelah makan, bahayanya bisa naik 10 kali lipat. Jadi kalau mau sehat, jauhi rokok ya ladies.

2. Makan buah
Buah-buahan pada umumnya sangat mudah dicerna dan hanya butuh waktu 20 menit untuk dicerna. Tapi kalau buah dimakan setelah makan, makanan yang sudah kita telan terlebih dahulu malah akan menghalangi buah yang kita konsumsi sehingga membuat buah tersebut jadi makin susah dicerna. Ada baiknya buah-buahan dikonsumsi sebelum makan.

3. Minum teh atau kopi
Kalau mau minum teh setelah makan, beri jeda sekitar 1 jam ya ladies. Begitu juga dengan kopi, sebaiknya beri jeda dulu beberapa menit sebelum makan untuk meminumnya.

Jangan langsung ngeteh atau ngopi./Copyright pexels.com

4. Mandi
Pencernaan butuh banyak energi dan aliran darah di tubuh. Tapi kalau kita langsung mandi setelah makan, aliran darah yang mengalir ke kulit akan melepaskan panas dan membuat sistem pencernaan jadi makin berat. Beri jeda 30 menit setelah makan bila ingin mandi.

5. Jalan kaki
Boleh kok jalan kaki setelah makan tapi tunggu 30 menit dulu ya. Jangan langsung jalan kaki atau malah lari setelah makan, karena bisa menyebabkan refluks asam dan gangguan pencernaan.

6. Tidur
Kalau kita langsung berbaring setelah makan, makanan yang tadinya akan dicerna malah akan berbalik arah. Menyebabkan pencernaan terganggu dan sensasi terbakar di saluran pencernaan. Setelah makan, cobalah untuk bersantai dulu seperti ngobrol, membaca buku, atau menonton TV. Pokoknya jangan langsung tidur, oke?

Dengan memperhatikan hal-hal ini, diharapkan makanan yang kamu konsumsi bisa selalu dicerna dengan baik dan memberi manfaat untuk tubuh. Semoga infonya bermanfaat ya ladies.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading