Sukses

Beauty

Ternyata Jenis Headphone Ini Bagus untuk Melindungi Pendengaran, Lho!

Seperti yang kita tahu bahwa saat mendengarkan musik lewat headphone memang bisa menyebabkan kerusakan pada pendengaran seperti suara eksternal yang bising dan berisik. Dilansir dari Bustle, penelitian pada tahun 2010 menemukan bahwa 80% remaja perempuan telah kehilangan pendengarannya karena sering mendengarkan musik lewat headphone. Berdasarkan kasus tersebut, memang pendengaran akan selalu tergantung pada seberapa volume yang kita dengarkan saat menyetel musik, namun untuk mengatasinya bisa dengan mengecilkan volume tersebut. Tapi ada alasan lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada pendengaran, yaitu jenis headphone yang bisa mengurangi kerusakan tersebut.

Memang ada banyak macam headphone yang ada di pasaran, mulai dari headphone bluetooth sampai earphone yang biasanya satu paket dengan handphone saat kita membelinya.  Menurut spesial telinga, Dr. Robert A. Dobie mengatakan bahwa memakai earphone saat mendengarkanmu musik tidak akan banyak merusak pendengaran. Namun, penggunaannya harus dalam batas maksimum 70 desibel, setara dengan suara vacuum cleaner. Semakin keras suara, maka akan semakin cepat hal tersebut dapat menimbulkan luka pada telinga. Jika tidak berhati-hati, gelombang suara yang terlalu keras dapat merobek dan menembus gendang telinga. Jadi, tidak ada masalah yang besar jika kita mendengarkan musik dalam batas volume yang wajar.

Namun perlu diperhatikan juga hal yang bisa berpotensial dalam merusak telinga yaitu bagaimana headphone bisa melindungi telinga dari suara eksternal. Headphone yang didesain bisa memblokir suara eksternal biasanya dilapisi dengan foam untuk menjaga pendengaran kita. Headphone tentunya tidak akan tergantung pada besar volumenya suara maupun suara eksternal seperti earphone, karena telinga sudah bisa terlindungi dengan adanya foam. Jadi pilihlah headphone yang berkualitas dan mampu memblokir suara eksternal, sehingga sebesar apapun volume tersebut masih bisa ditoleransi dan bisa menjaga kesehatan pendengaran kita. 

Selain itu, WHO mengatakan ada dua cara untuk mengurangi risiko kehilangan pendengaran ketika menggunakan headphone, yaitu:

  • Mengurangi lama mendengarkan musik menggunakan headphone.
  • Mengurangi volume saat mendengarkan musik dengan headphone.

Memang tak ada headphone yang bisa benar-benar sehat dan aman bagi telinga, namun memakai headphone yang berkualitas tinggi bisa meminimalisir hal tersebut.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading