Sukses

Beauty

Kenali 6 Alasan Berat Badan Naik Mendadak!

Berat badan naik bukan hanya karena banyak makan atau pola makan yang kacau. Terkadang berat badan naik karena hal lain. Bahkan terkadang berat badan naik drastis tanpa kamu sadari. Ternyata ini alasannya.

1. Kenaikan massa otot
Jika kamu rajin olahraga, badan semakin kurus tapi ternyata berat badan malah naik, jangan khawatir. Ini adalah tanda massa otot kamu bertambah, dan ini baik. Ini tanda tubuh kamu sangat sehat, dan memang massa otot lebih berat daripada lemak. Teruskan olahraga.

2. Sedang menstruasi
Ketika haid, hormon tubuh akan mengalami fluktuasi dan dampaknya adalah kamu lebih berat 1 kg atau lebih dari berat badan aslimu. Turunnya kadar hormon progesteron menyebabkan tubuh menahan air sehingga berat badan naik. Namun berat badan akan turun lagi setelah menstruasi selesai.

3. Baru makan atau minum
Makan atau minum jelas akan membuat berat badanmu naik secara instan. Apalagi jika kamu menimbang berat badan tepat setelah makan dan minum air 1 liter. Jadi tidak perlu kaget.

Berat badan naik karena beberapa alasan./copyright Pixabay.com/mojzagrebinfo

4. Banyak makan makanan tinggi garam
Terlalu banyak makan makanan asin bisa menyebabkan retensi air atau kondisi tubuh menahan air di dalam tubuh. Dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter bahwa salah satu sifat garam adalah menahan air di dalam tubuh. Cara terbaik mengurangi garam di dalam tubuh adalah dengan banyak minum air sehingga kelebihan air bisa dikeluarkan.

5. Mengidap penyakit tertentu
Penyakit tertentu bisa menimbulkan berat badan naik drastis, seperti hipotiroidisme dan sindrom Cushing. Adanya pembengkakan kelenjar di leher bisa membuat berat badan naik. Dan hormon kortisol yang naik karena sindrom Cushing juga rentan mengalami kenaikan berat badan.

6. Pengobatan diabetes mellitus
Pasien diabetes mellitus yang menjalani pengobatan suntik insulin untuk mengendalikan gula darah juga bisa mengalami kenaikan berat badan mendadak, bahkan jika pola makannya sehat. Ini karena hormon insulin yang disuntikkan ke tubuh dapat memengaruhi nafsu makan dan jumlah pengaturan jumlah lemak di tubuh.

Ternyata itu dia alasan yang bisa membuat berat badan naik. Selama tidak berat badan naik karena alasan sederhana, sepertinya tidak perlu terlalu khawatir ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading