Sukses

Beauty

7 Cara Mengolah Batang Brokoli yang Keras Jadi Menu Diet Sehat

Ketika berat badan semakin hari semakin bertambah, tubuh pasti akan merasa berat. Bukan hanya merasa tubuh semakin tidak fit, tapi juga semakin besar risiko penyakit akan muncul dalam tubuh. Pada akhirnya hal ini membuat banyak orang sadar untuk melakukan diet.

Salah satu makanan terbaik untuk diet adalah brokoli. Namun sayangnya banyak orang sering membuang batang brokoli an menganggapnya tak bisa dimakan. Padahal, seperti bonggol brokoli, batang brokoli tidak kalah sehat, tinggi nutrisi dan bisa dimakan. Dilansir dari NDTV Food, ini cara mengolah batang brokoli agar bisa dimakan dan jadi menu diet harian kamu.

1. Kaldu sayuran
Jika kamu ingin membuat kaldu yang sehat, gunakan bahan-bahan sayuran, termasuk batang brokoli ke dalam air yang direbus untuk kaldu. Cukup belah jadi beberapa bagian dan masukkan. Masak hingga mendidih dan kaldu sayuran jadi.

2. Tumis
Karena tidak butuh dimasak dalam waktu lama, batang brokoli bisa dimasak dengan cara tumis. Cukup kupas bagian kulit terluarnya dan potong-potong sesuai selera. Batang brokoli yang renyah mudah dimakan dan tinggi serat.

Memanfaatkan batang brokoli/copyright Pexels.com/slon_dot_pics

3. Sup sayuran
Jika suka makan sup sayuran, tambahkan batang brokoli ke dalam sup sayuran favorit kamu. Caranya mudah, kupas kulit yang keras bagian luar batang, dan potong-potong bagian dalam batang brokoli yang empuk seperti sayuran lain.

4. Jus sayuran
Batang brokoli tidak memiliki rasa yang terlalu kuat seperti bonggolnya yang hijau sehingga sangat cocok sebagai tambahan jus sayuran. Minum di pagi dan siang hari karena mengandung nutris lengkap dan serat tinggi sehingga bisa mengenyangkan perut dalam waktu lama.

5. Camilan mentah
Batang brokoli bahkan bisa dimakan dalam keadaan mentah. Seperti cara pada umumnya, kupas kulit terluarnya yang keras dan belah jadi dua hingga empat bagian memanjang dan jadikan camilan. Rasanya cukup manis dan renyah seperti wortel. Sangat baik sebagai alternatif camilan sehat.

Batang brokoli bisa dimakan/copyright Pixabay.com/ImageParty

6. Salad
Karena bisa dimakan mentah dan teksturnya empuk dan renyah, batang brokoli bisa jadi bahan tambahan salad. Baik itu salad sayuran maupun salad buah, karena rasanya yang segar dan tidak mengganggu bahan salad lainnya.

7. Acar
Bagian dalam batang brokoli yang empuk juga enak dijadikan acar seperti wortel dan mentimun. Teksturnya yang tidak berair, renyah dan padat sangat baik dijadikan acar. Gizinya tidak akan hilang jika diolah menjadi acar, apalagi bisa dimakan begitu saja.

Nah, jadi mulai sekarang jangan membuang batang brokoli ya ladies! Karena ternyata bisa diolah menjadi berbagai makanan sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading