Sukses

Beauty

5 Hal Ini Membuat Risiko Kanker Kulit Makin Tinggi

Kulit adalah bagian terluar tubuh yang sering diabaikan perawatannya. Padahal, jika mau lebih rajin mengoles lotion dan sun screen, maka kulit bukan hanya lebih cantik tapi juga terhindar dari kanker kulit. Meski tidak sering dibahas seperti kanker lainnya, namun risiko kanker kulit bisa menyerang siapa saja, terutama yang suka melakukan kebiasaan buruk pada kulit.

Seperti dilansir dari Boldsky, ini beberapa faktor yang membuat risiko kanker kulit makin tinggi.

1. Bercak terbakar matahari di kulit
Jika kamu melihat seperti ada bercak dengan warna lebih gelap atau berbeda dari kulit karena terbakar matahari, kamu harus hati-hati. Karena penelitian di Melanoma Research Foundation mengungkapkan bahwa satu sengatan matahari tunggal saja dapat menyebabkan seseorang memiliki risiko tinggi terkena kanker kulit.

2. Kulit putih atau cerah
Pigmen atau kandungan melanin kulit memegang peran penting dalam menahan sinar UV matahari. Bersyukurlah punya kulit kecokelatan karena lebih tahan terhadap sinar matahari. Pemilik kulit cerah atau putih alami justru punya risiko lebih tinggi terkena kanker kulit dibanding pemilik kulit gelap dikarenakan mereka memiliki kandungan melanin yang lebih sedikit sehingga lebih rentan.

Faktor penentu kulit rentan kanker/copyright Shutterstock.com

3. Orang yang tinggal di pegunungan
Karena sinar matahari lebih dekat dengan tempat tinggal, orang di daerah pegunungan justru lebih rentan terkena kanker kulit meskipun tinggal di lingkungan geografis dengan suhu yang lebih rendah. Intensitas sengatan sinar UV lebih tinggi pada orang di pegunungan dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah.

4. Keturunan kanker
Bukan hanya kanker payudara dan ovarium saja yang bisa menurun, kanker kulit juga bisa didapat seseorang lewat keturunan dari orangtua atau saudaranya. Sebuah penelitian menemukan bahwa keluarga yang memiliki riwayat kanker kulit ternyata 50 persen keturunannya cenderung akan terkena kanker kulit juga.

5. Sering bepergian dengan pesawat
Penelitian yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa orang yang sering bepergian naik pesawat memiliki risiko terkena kanker kulit yang lebih tinggi. Bukan hanya awak pesawat saja tapi juga penumpang pesawat, karena sinar UV lebih dekat lebih dekat terpapar di kulit di ketinggian yang tinggi.

Jadi, apakah kamu memiliki sekian faktor risiko di atas juga ladies? Lebih baik kurangi risikonya sebelum terlambat ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading