Sukses

Beauty

Ini Dia Manfaat Mencatat Siklus Menstruasi, Kamu Wajib Tahu!

Sebagai seorang wanita tentunya akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Biasanya para wanita akan mengingat tanggal menstruasinya saja agar bisa berjaga-jaga saat harinya tiba. Namun ada baiknya menuliskan tanggal menstruasi daripada hanya sekadar mencatat.

Meskipun tidak selalu tepat, namun kamu bisa mempersiapkan saat tanggal sebelumnya, hari H, maupun hari sesudah tanggal tersebut agar aman dan tidak repot. Dilansir dari Times of India, beberapa manfaat ini bisa kamu rasakan jika tahu waktu yang tepat saat menstruasimu datang. Yuk coba simak manfaatnya di bawah ini!

1. Meningkatkan kehidupan bercinta suami istri
Dalam minggu kedua atau ketiga siklus menstruasi, kadar testosteron dan estrogen wanita akan meningkat sehingga mudah mencapai klimaks yang intens. Jadi waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk membangun suasana romantis di dalam kamar.

2. Agar bisa lebih sehat dan bugar
Pada minggu kedua setelah menstruasi usai, meningkatnya estrogen dalam tubuh akan memberi banyak energi saat berolahraga. Tubuhmu akan bisa lebih membakar semua lemak jahat dan kalori. Wah jadi makin langsing deh!

3. Jadi lebih produktif
Dengan mengetahui masa-masa periodemu, kamu akan lebih produktif saat bekerja. Menurut Dr Harper, wanita cenderung merasa lebih produktif selama 2 minggu periode bulanan.

4. Membantu mengetahui masa subur
Jika kamu berencana untuk hamil, hal ini akan sangat membantu. Sebagian besar wanita akan mencapai puncak masa subur antara 12 sampai 16 hari sebelum menstruasi. Namun, perlu kamu ketahui bahwa masa paling tidak subur adalah hari-hari setelah periode menstruasi selesai atau berakhir.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu ketahui ketika mencatat siklus menstruasi. Kamu bisa mencatat tanggal pertama saat kamu mendapat menstruasi di sebuah kalender. Dengan menuliskannya di kalender, kamu akan lebih mudah untuk mengecek kembali siklus menstruasi pada bulan sebelumnya dan bisa berjaga-jaga untuk bulan ke depannya. Mudah sekali bukan?

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading