1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

5 Penyebab Aroma Vagina Berubah, Perhatikan Ladies!

Selasa, 24 Juli 2018 20:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Aroma organ intim berubah/copyright Unsplash.com/Pete Bellis

Vemale.com - Kesehatan yang perlu diperhatikan wanita bukan hanya tentang tampilan luar saja seperti berat badan, tapi juga kesehatan area dalam seperti organ intim. Hanya karena tidak terlihat, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah aroma alami Miss V atau vagina. Area kewanitaan ini punya aroma tertentu yang bisa dibedakan, kapan ia sehat dan kapan tidak. Seperti dikatakan Michael Cackovic, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Ohio State Wexner Medical Center, terkadang wanita menyadari bahwa aroma vagina berubah dan khawatir jika hal ini adalah tanda buku.

Perubahan aroma miss V memang bisa dipengaruhi banyak hal. Seperti dilansir dari Self, ini penyebab aroma vagina bisa berubah.

1. Keringat
Keringat bisa mengubah aroma vagina lebih asam karena area ini semakin lembap. Bahkan makanan dengan aroma menyengat seperti bawang putih, jika dimakan bisa muncul baunya di vagina.

2. Menstruasi
Menstruasi juga mengubah bau miss V. Karena darah dikeluarkan dari organ intim, maka baunya jadi amis dan perlu sering dibersihkan agar tidak menimbulkan bau.

3. Infeksi
Infeksi bakteri seperti chlamydia dan trichomonas akan menimbulkan bau yang berubah drastis dari aroma alami vagina. Baunya bisa saja tajam dan tak sedap diikuti gejala lain seperti pedih, gatal atau rasa terbakar. Segera konsultasikan ke dokter jika masalah ini terjadi.

4. Ganti sabun
Penggunaan sabun juga bisa membuat miss V punya aroma tertentu mengikuti aroma sabun. Bisa saja segar dan wangi, namun ada juga yang justru membuat miss V seperti kurang sering dibersihkan atau mudah berbau asam.

5. Sperma
Perbedaan pH di area vagina bisa diubah oleh air mani atau sperma pria. Dokter obstetri dan ginekologi Icahn School of Medicine, AS, Fahimen Susan mengatakan, " Meski sperma sudah dibersihkan dari vagina, terkadang masih ada sisanya di dalam sehingga menimbulkan bau tertentu." Tapi bau ini akan hilang jika sudah mandi dan dibersihkan lagi.

Kesehatan organ intim memang harus selalu diperhatikan, jangan sampai aroma vagina mengganggu dan membuatmu tidak nyaman menjalani aktivitas ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Ruben Onsu Cari Pertolongan, Orang-Orang Terdekatnya Jadi Korban