Sukses

Beauty

Bukan Hiasan, Ternyata Ini Fungsi Kesehatan Jakun pada Pria

Salah satu hal yang membedakan pria dan wanita adalah ada tidaknya jakun. Jakun hanya dimiliki pria. Namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya fungsi jakun selain menjadi pembeda antara pria dan wanita.

Dilansir dari Healthline, jakun adalah tulang rawan (seperti tulang rawan pada hidung dan telinga) yang terletak di atas kelenjar tiroid sehingga disebut juga sebagai kartilago tiroid dan fungsinya adalah melindungi pita suara (laring).

Laring sendiri punya fungsi utama melindungi saluran pernapasan dari masuknya benda-benda asing. Ketika beranjak dewasa, atau saat remaja laki-laki mengalami pubertas, secara alami pita suara (laring) akan membesar. Pita suara laki-laki akan semakin dalam sehingga menyebabkan suara laki-laki lebih berat daripada perempuan.

Besar kecilnya jakun berpengaruh pada suara pria, semakin besar jakun makan semakin berat dan dalam suara pria. Meski begitu fungsinya tidak berubah.

Jadi, itu dia fungsi jakun pada pria, ladies. Bukan hanya bisa membuat pria terlihat lebih seksi, ternyata jakun diciptakan punya fungsi yang penting bagi pria.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading