Sukses

Beauty

Begini Takaran Protein dan Sayur yang Diperlukan Untuk Turunkan Berat Badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang sarat akan nutrisi. Nah, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk memakan sayur, buah, dan protein. Tapi masih banyak yang bingung dengan takaran yang tepat. Well, tak perlu galau lagi, karena Vemale hadirkan informasinya untukmu.

Menurut Mochammad Rizal, Pakar di Bidang Gizi Olahraga dan Kebugaran, satu prinsip yang harus diingat saat akan mengonsumsi sayur adalah, makanlah beragam sayur dengan warna yang berbeda-beda. Sebab, warna-warni tersebut menandakan zat gizi tertentu.

"Semakin bervariasi warna sayur, semakin lengkap zat gizi yang kita asup," katanya.

Mengonsumsi banyak sayuran memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Mencukupi asupan serat, punya banyak manfaat bagi tubuh, selain mempercepat rasa kenyang bagi yang ingin menurunkan berat badan.

"Dalam setiap menu pada piring yang kita makan, setidaknya 1/3 bagiannya dianjurkan untuk diisi dengan sayuran yang dikonsumsi tiga sampai empat porsi per hari," katanya lagi.

Untuk asupan protein yang diperlukan, untuk orang normal (sehat), dianjurkan mengonsumsi satu potong masing-masing dari dua jenis protein setiap kali makan, dua sampai tiga porsi per hari. Ini sudah mencukupi kebutuhan harian protein sebesar 0,8 gram per kilogram berat badan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, bisa meningkatkan porsinya sampai dua kali lipat.

Protein dalam tubuh bisa mempertahankan massa otot selama proses penurunan berat badan. Sehingga berat badan yang turun itu bukan dari otot melainkan lemak. Imbangi juga dengan olahraga dan memperbanyak asupan air putih.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading