Sukses

Beauty

Demi Kesehatan, Bolehkah Ibu Menyusui Minum Teh Hijau?

Selama ini teh hijau dikenal baik untuk kesehatan. Teh hijau juga dipercaya bisa membuat berat badan menjadi lebih ideal. Minum teh hijau secara rutin bahkan dikatakan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ngomongin soal teh hijau, apakah minuman ini aman untuk semua orang? Sementara kita tahu bahwa teh hijau mengandung kafein di dalamnya. Amankah teh hijau dikonsumsi ibu menyusui yang notabenenya harus menjaga pola makan demi kesehatannya juga buah hati?

Melansir dari laman Liputan6.com, minum minuman berkafein bagi ibu menyusui boleh-boleh saja. Termasuk minum teh hijau. Dengan catatan, mengonsumsinya dalam batas wajar dan tepat. Penelitian yang dilakukan para ahli di American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan bahwa konsumsi kafein aman bagi ibu menyusui.

Konsumsi teh hijau aman buat ibu menyusui selama dikonsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan/copyright pexels.com/rawpixel

Konsumsi teh hijau pada ibu menyusui pun harus tepat. Tidak boleh berlebihan. Kadar kafein yang dikonsumsi secara berlebihan bisa mengurangi kadar zat besi dalam ASI. Dokter Jessica Florencia dari KlikDokter mengatakan, "Konsumsi kafein berlebihan pada ibu menyusui bisa menyebabkan reaksi sensitif pada bayi. Seperti mata yang membesar, bayi rewel dan tidak bisa tidur atau masalah lainnya."

Karena alasan inilah, sangat penting bagi ibu menyusui untuk mengetahui seberapa tepat ia diperbolehkan minum teh hijau. Kalau memang khawatir akan menimbulkan masalah pada buah hati dan dirinya sendiri, sebaiknya konsumsi teh hijau dikurangi atau bahkan dihentikan.

Kalau pun ibu menyusui tidak bisa lepas dari kebiasaan minum teh, selama hamil atau menyusui disarankan untuk minum teh herbal tanpa kafein. Beri jeda waktu antara minum teh dan menyusui. Imbangi juga dengan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat dan baik buat ibu maupun buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading