Sukses

Beauty

Stop Sekarang, Ini Efek Bahaya Minum Susu Kental Manis Tiap Hari!

Secara kesehatan, susu kental manis memang memiliki kandungan nutrisi jauh dengan susu cair dan jenis susu lainnya. Karena kandungan gulanya yang lebih banyak, kental manis bisa jadi menimbulkan banyak efek buruk kesehatan.

Baca: BPOM senantiasa menginformasi bahwa susu kental manis merupakan produk yang mengandung susu dan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Dalam konferensi pers di Kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Jakarta, Siti Zalikho Agustina dari YAICI, menjelaskan efek buruk minum susu kental manis tiap hari yang dialami anak-anak di Kendari dan Batam baru-baru ini.

 

Baca juga:

 

"Mereka (anak-anak) yang diberikan susu kental manis kebanyakan jadi gemuk. Lalu para ibu di sana menganggap anaknya yang gemuk itu ya sehat," ungkap Tina, sapaan akrabnya, ditulis Kamis (12/7/2018).

Padahal gemuk di sini sebenarnya kondisi tubuh yang tidak baik, anak mengalami kegemukan hingga obesitas. Sayangnya lagi, para orangtua di Kendari dan Batam ini merasa bangga karena anak-anak mereka gemuk, berkat susu kental manis.

Jangan buatkan susu kental manis untuk anak setiap hari./copyright Shutterstock.com

Tina menjelaskan, survei yang dilakukan Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) tentang susu kental manis ini sebenarnya bukan menyasar secara langsung korban susu kental manis, melainkan terkait permasalahan gizi buruk yang terjadi di Kendari dan Batam.

Survei YAICI menyebutkan bahwa dari 130 ibu yang memberikan susu kental manis sebagai minuman susu kepada anaknya, 56 persen memberikan minuman susu kental manis satu gelas sehari. Sementara itu, di Batam, dari 75 ibu, 53 persen memberikan segelas susu kental manis sehari.

 

Baca juga:

 

Para ibu di dua wilayah tersebut tidak memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada anaknya sejak masih bayi. Mereka justru memberikan susu kental sebagai pengganti ASI.

Akan lebih baik jika tidak mengonsumsi kental manis sebagai pengganti susu mulai sekarang karena risikonya menimbulkan kegemukan baik pada anak-anak maupun dewasa.

Sumber: Liputan6.com

 

Baca juga:

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading