1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Bagaimana Cara Memilih Metode Diet yang Tepat Buat Diri Sendiri?

Jum'at, 13 Juli 2018 20:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara memilih diet yang tepat/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Setiap orang tentu ingin punya penampilan yang membuatnya percaya diri. Salah satunya adalah dengan memiliki tubuh ideal dan sehat. Cara terbaik menjaga kesehatan dan berat badan ideal tentunya dengan menerapkan pola makan sehat. Beberapa wanita bahkan banyak yang tertarik melakukan diet agar berat badannya bisa turun dan mendapat tubuh langsing yang diidamkan.

Tapi tentunya diet juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh, karena seperti mencoba baju baru, beberapa metode diet bisa saja cocok dan bisa juga tidak. Nah, lalu bagaimana caranya memilih diet yang tepat untuk tubuh? Dilansir dari food.ndtv.com, ini sekian cara memilih metode diet yang tepat buat diri sendiri.

1. Lihat sejarah diet lebih dulu
Evaluasi lebih dulu sejarah diet yang pernah kamu lakukan dan catat mengapa diet tersebut tidak berhasil. Jika metode dietmu terlalu ketat, cari diet yang lebih longgar yang mengontrol porsi daripada harus memangkas semua jenis lemak dan karbohidrat. Karena biasanya diet yang tidak memperbolehkan konsumsi lemak dan karbohidrat sama sekali justru lebih sering gagal.

2. Konsultasikan ke dokter
Akan lebih baik mengenal dan mengetahui seperti apa tubuhmu sebelum memutuskan mencoba metode diet tertentu. Jenis olahraga apa yang cocok dengan metabolismemu dan asupan makanan apa yang lebih baik dimakan, terutama jika punya risiko penyakit tertentu seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

3. Perkirakan jumlah asupan kalori
Sebelum mencoba sembarang diet, lebih baik ketahui jumlah kalori tiap makanan yang akan kamu makan. Pastikan kamu banyak makan buah dan sayur jika harus mengurangi kalori dari karbohidrat dan lemak.

4. Menjaga komitmen
Cara terakhir yang harus kamu lakukan agar diet berhasil adalah berkomitmen dengan cara diet tersebut. Selalu memotivasi diri sendiri agar tidak gampang menyerah. Rutin lakukan diet lebih dulu sebelum berpikir diet itu tidak berhasil. Karena tak ada yang instan jika ingin melihat hasilnya.

Nah, sekarang kamu tahu apa yang harus dilakukan sebelum memutuskan memilih metode diet kan?

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
#PhoneChallenge - Hanggini Telepon Pacar