Sukses

Beauty

Jangan Salah, Ini Perbedaan Minuman Rasa Buah dan Sari Buah

Menjaga pola makan sehat adalah cara terbaik menjaga kesehatan, termasuk memilih minuman yang sehat. Banyak sekali minuman kemasan yang mengklaim produknya sehat dengan label rasa buah dan sari buah. Tapi tidak banyak yang tahu apa bedanya.

Berdasarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kategori minuman buah ini bisa dibedakan.

"Minuman rasa buah bisa didapatkan dari bahan penambah pangan. Dengan kata lain, minuman rasa buah ada kandungan perisa (flavour) di dalamnya," kata Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Tinggi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tetty Sihombing saat ditemui di Kantor BPOM, Jakarta, ditulis Selasa (10/7/2018).

Penambahan perisa tersebut memengaruhi rasa dan aroma, yang biasanya ditambahkan pada makanan atau minuman. Hal ini menimbulkan rasa dan aroma yang enak dan lezat. Contohnya seperti perisa buah jeruk, melon, anggur dan lain sebagainya. Sayangnya, tidak ada kandungan buah di dalam minuman itu sendiri.

Sedangkan minuman sari buah masih mengandung buah di dalamnya. "Disebut sari buah karena ada buah di dalamnya. Ini merefer (merujuk) pada Codex--standar keamanan pangan internasional. Ada kadar berapa minimal kandungan buah tertentu," ungkap Tetty.

Nah, ternyata minuman rasa buah dan sari buah itu berbeda ya ladies. Mana saja yang lebih kamu suka, pastikan konsumsi secukupnya ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading