1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Beri Jeda 30 Menit untuk Minum Setelah Makan, Alasannya Ternyata Penting!

Rabu, 11 Juli 2018 15:10 Penulis: Endah Wijayanti
Beri jeda 30 menit./Copyright pixabay.com

Vemale.com - Mungkin sudah jadi kebiasaan kita untuk langsung minum setelah makan. Sepintas memang nggak ada yang salah sih. Tapi tahukah kalau waktu minum terbaik setelah makan itu adalah dengan memberinya jeda 30 menit?

Yup, waktu terbaik untuk minum setelah makan adalah dengan memberinya jeda 30 menit. Dikutip dari boldsky.com, butuh waktu dua jam agar makanan yang kita konsumsi dicerna dengan baik oleh tubuh. Makanan akan masuk ke dalam perut, lalu usus, sampai kemudian diproses hingga saluran pembuangan. Ada proporsi cairan tertentu yang harus tetap dijaga seimbang saat tubuh mencerna makanan. Kalau kita langsung minum setelah makan, keseimbangan proporsi tersebut bisa terganggu. Tak hanya itu saja, dampaknya malah bisa membuat kita jadi lebih gampang lapar. Efek sampingnya pun bisa membuat kita jadi mengonsumsi makanan secara berlebihan dan kalori yang masuk dalam tubuh jadi berlebih.

Jangan langsung buru-buru minum setelah makan./Copyright shutterstock.com

Satu lagi dampak negatif dari langsung minum setelah makan, antara lain terhambatnya proses sekresi enzim yang mengakibatkan peningkatan kadar asam dalam tubuh. Sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan heartburn (sensasi perih dan panas pada dada). Belum lagi dengan terhambatnya proses penyerapan nutrisi dalam tubuh bila kita langsung minum begitu selesai makan.

Dengan memberi jeda 30 menit setelah makan untuk minum, tubuh sudah lebih terkondisikan untuk proses pencernaan.  Selain itu, kita juga bisa terhindar dari sejumlah gangguan kesehatan seperti obesitas, meningkatnya kadar kolesterol, dan meningkatnya kadar gula darah.

Yuk, coba mulai kita biasakan dari sekarang. Coba beri jeda sekitar 30 menit setelah makan baru minum. Meski tampak sepele, tapi kebiasaan kecil ini bisa memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Essential Oil Yang Aman Untuk Anak Usia 3 Bulan - 8 Tahun