Sukses

Beauty

Suhu Lebih Dingin dari Biasanya, Berdampak Apa Pada Tubuh?

Beberapa hari belakangan ini, suhu memang terasa lebih dingin dibanding biasanya. Misalnya di Bandung pada tanggal 1-5 Juli tercatat suhu rata-rata 17-18 derajat Celsius menurut data BMKG Kota Bandung. Sementara itu di kawasan Dieng, embun sampai membentuk es karena suhu begitu dingin.

Lalu, apakah dampak perubahan suhu yang begitu drastis ini pada kesehatan tubuh? Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI-RSCM, Ari Fahrial Syam, ada dua penyakit yang bisa timbul bila terjadi perubahan suhu yang terbilang ekstrem seperti saat ini.

  • Ladies, beberapa penyakit yang parah ternyata bisa kembali muncul karena cuaca yang dingin ini. Beberapa di antaranya adalah asma (sesak napas), pilek alergi (rinitis alergi), serta alergi kulit karena udara dingin seperti bentol-bentol atau gatal.
  • Selain itu, kulit juga bisa terpengaruh. Beberapa kondisi yang timbul langsung akibat suhu dingin di antaranya kulit menjadi kering, kulit telapak kaki pecah-pecah, pecah-pecah pada bibir, dan mimisian.
  • Suhu dingin juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh. Banyak yang jadi rentan terkena penyakit infeksi virus atau bakteri. Salah satunya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).


Untuk menyiasati cuaca yang sangat ekstrim ini, cobalah pakai jaket serta tutup kepala, kaus kaki, bila perlu sarung tangan selama beraktivitas di luar ruangan. Agar kulit tak mengalami kekeringan, oleskan losion pada telapak tangan dan kaki. Pakai juga pelembab di bagian bibir dan lubang hidung untuk mengantisipasi terjadinya mimisan. Pastikan juga asupan air putih yang masuk dalam tubuh cukup.

Sumber: Liputan6.com



(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading