Sukses

Beauty

Banyak Makan Kacang Walnut Bisa Turunkan Risiko Diabetes Lho!

Makan makanan sehat tentunya juga memberi efek sehat bagi tubuh. Salah satu jenis makanan sehat yang sebaiknya banyak kamu makan adalah kacang-kacangan, tidak terkecuali kacang walnut.

Karena dilansir dari Indian Express, ternyata banyak makan kacang walnut bisa mencegah penyakit diabetes lho. Sebuah penelitian yang melibatkan 34 ribu orang dewasa itu menunjukkan bahwa konsumsi kacang walnut sekitar tiga sendok makan bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 hingga 47 persen.

Penelitian dilakukan pada 34.121 orang dewasa berusia 18-85 tahun dan bertanya pada mereka mengenai asupan makanan serta apakah terkena diabetes dan menggunakan obat untuk penyakitnya itu. Peneliti meminta mereka mengonsumsi lebih banyak kacang.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi kacang walnut menunjukkan risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes Tipe-2 dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kacang. Penelitian ini berlaku tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, indeks massa tubuh, dan aktivitas fisik.

Kacang walnut cegah diabetes/copyright Pixabay.com/congerdesign

“Hubungan kuat antara konsumen walnut dan prevalensi rendah diabetes tipe-2 adalah pembenaran tambahan untuk memasukkan walnut dalam makanan. Penelitian lain menunjukkan bahwa walnut juga bermanfaat bagi fungsi kognitif dan kesehatan jantung,” kata Lenore Arab dari University of California, Los Angeles (UCLA).

Kacang walnut merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda (13 gram per ons), dan satu-satunya kacang yang mengandung sejumlah besar asam alfa-linolenat (ALA) - asam lemak omega-3 nabati (2,5 gram per satu ons).

Penelitian lain bahkan membuktikan makan kacang walnut bisa membantu melindungi sistem pencernaan karena meningkatkan jumlah bakteri probiotik dalam usus dan menangkal risiko penyakit jantung dan otak serta kanker. Jadi, coba lebih banyak makan kacang walnut mulai sekarang ya ladies, agar risiko diabetes berkurang.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading