Sukses

Beauty

Warna Ingus Bisa Indikasikan Kesehatan Tubuhmu! Cari Tahu di Sini Yuk

Ternyata kondisi tubuh seseorang juga bisa dilihat dari ingusnya. Ingus yang keluar saat kita sedang pilek biasanya berwarna kuning, hijau, atau putih. Terdengar menjijikkan, tapi warna ingus ini ternyata mengindikasikan apa yang sedang terjadi dalam tubuhmu Ladies.

Nah,  warna ingus kuning atau hijau kebanyakan dianggap sebagai infeksi, namun itu belum tentu terjadi karena bakteri. Seperti yang dilansir oleh cleveland clinic, berikut ini adalah beberapa warna ingus dan indikasi apa yang terjadi pada tubuhmu.

Bening
Lendir ini mengindikasikan bahwa kamu sedang dalam keadaan normal. Lendir yang sehat sebagian besar adalah adalah air, dengan protein, antibodi, dan garam yang larut. Jaringan hidung memproduksinya 24 jam dalam 7 hari. Sebagian besar mengalir ke belakang tenggorokan untuk dilarutkan dalam perut.

Putih
Ingus putih ini adalah karena adanya pembengkakan di jaringan yang meradang di hidung memperlambat aliran lendir. Membuatnya kehilangan kelembaban dan membuatnya lebih tebal serta keruh. Ingus warna putih ini bisa jadi pertanda pilek atau yang lain seperti infeksi hidung.

Kuning
Ingus berwarna kuning mengindikasikan pilek yang kamu derita sedang berkembang. Sel-sel yang melawan infeksi mungkin menuju ke tempat mikroba menginfeksi. Sel darah putih ada di antara mereka. Saat ingusmu berwarna kuning, pilek kemungkinan akan berlangsung 10 hingga 14 hari.

Hijau
Sistem kekebalan tubuh sedang melakukan perlawanan. Lendir tebal dalam hidung akan membawa sel-sel putih yang mati dan sisa-sisa pertempuran dalam tubuh yang mengandung enzim dan warna kuning kehijauan. Saat merasa demam atau mual, segera periksa ke dokter untuk mendapat perawatan terbaik.

Merah jambu atau berdarah
Saat ingus berdarah berarti ada jaringan di hidung yang rusak. Bisa jadi karena kering, iritasi, atau suatu hal lain.

Cokelat
Ingus ini berarti darah, atau mungkin sesuatu yang dihirup seperti kotoran atau tembakau.

Hitam
Jika kamu bukan perokok atau pengguna obat-obatan terlarang, lendir berwarna hitam bisa berarti infeksi jamur yang serius. Infeksi ini biasanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Orang yang mengalami ini haruslah segera mengunjungi dokter.

Ladies, semoga apa yang disampaikan ini mampu memberikan pengetahuan terkait masalah kesehatan dan bisa membuat kita semakin aware dan mencegah penyakit.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading