Sukses

Beauty

Makan Pedas Bukan Solusi Untuk Atasi Susah BAB

Susah BAB atau sembelit merupakan gangguan pencernaan yang bikin tubuh terasa nggak nyaman. Beberapa orang akan mengatasinya dengan memperbanyak serat seperti mengonsumsi buah semacam pepaya. Ada juga yang mencoba makan masakan pedas agar bisa cepat lancar BAB.

Ladies, makan makanan pedas, seperti bakso yang diberi sambal atau makan rujak pedas, memang bisa membuat seseorang buang air besar, tapi sayangnya berupa diare. Hal ini sebenarnya kurang sehat dan tidak disarankan oleh dokter.

"Cara itu salah. Kalau diare berarti ada proses infeksi dalam tubuh. Kalau tubuh bisa mengatasi bisa sembuh, tapi kalau tidak, bisa makin parah," kata dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi.

Salah satu penyebab BAB tak lancar adalah dehidrasi. Saat sembelit, sebaiknya kamu banyak minum air putih. Cairan yang cukup akan membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Kamu juga disarankan untuk memperbanyak air putih hangat. Suhu hangat dari air ini akan membantu memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan. Aliran darah akan meningkat dan aktivitas pencernaan semakin lancar.

Ada juga satu cara mudah, kamu disarankan untuk memperbanyak aktivitas fisik. Ini akan membantu memperlancar pergerakan usus, buang air besar pun jadi lancar.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies. Jangan salah memilih solusi untuk mengatasi penyakit ya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading