Sukses

Beauty

5 Tanda yang Ditunjukkan Tubuh Jika Kekurangan Magnesium

Orang seringkali tak sadar jika tubuhnya kekurangan nutrisi karena pada umumnya, tubuh tidak akan berhenti melakukan tugasnya hanya karena kekurangan satu nutrisi. Meski begitu, bukan berarti tubuh tidak menunjukkan tanda-tanda aneh. Termasuk ketika ia kekurangan magnesium.

Ini dia tanda-tanda tubuh kekurangan magnesium seperti dilansir dari Women's Healthmag.

1. Jari-jari tangan dan kaki terasa geli atau gatal

Karean magnesium memegang peran penting menjaga fungsi saraf, kekurangan mineral ini bisa menimbulkan efek mati rasa, kebas dan bahkan geli yang sulit dijelaskan terutama pada ujung-ujung jari kaki dan tangan.

2. Kamu merasa sedang flu

Kamu merasa kehilangan nafsu makan, sering mual, ingin muntah, kelelahan dan bahkan merasa lemas. Kamu merasa tubuh sakit semua dan tak ingin melakukan kegiatan apa-apa karena merasa lesu dan seakan terserang flu, padahal tidak.

3. Otot sering kram sepanjang waktu

Ini tanda umum lainnya jika kekurangan magnesium. Otot jadi sering kram tanpa sebab. Kamu juga jadi susah menggerakkan otot tubuh. Hal ini sering dialami ibu hamil karena magnesium diserap janin.

Magnesium bisa didapat dari sayuran hijau/copyright Pixabay.com/ulleo

4. Jantung berdetak lebih cepat

Ini tanda yang tak boleh diabaikan penderita kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium bisa menurunkan kadar kalium dalam tubuh yang bertugas menjaga otot jantung bekerja normal. Jika merasa berdebar atau jantung berdetak lebih cepat dari umumnya, periksakan ke dokter.

5. Kejang

Mengalami kejang adalah gejala parah yang ditunjukkan kekurangan magnesium. Terjatuh dan kejang bisa terjadi akibat reaksi kejut abnormal di dalam tubuh. Jangan abaikan jika tubuh mulai mengalami kejang dan segera ke dokter.

Seperti dikatakan Lauren Manaker, R.D., founder Nutrition Now Counseling, bahwa magnesium memiliki fungsi menjaga kesehatan saraf dan otot, mengatur kadar gula darah, kesehatan tulang, metabolisme dan berbagai hal dalam tubuh. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan banyak efek serius di dalam tubuh.

Jadi, selalu penuhi nutrisi magnesium tubuh ya. Magnesium bisa didapatkan dari berbagai makanan, seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat, pisang dan bahkan cokelat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading