Sukses

Beauty

Ini Dia Cara yang Benar Membasuh Vagina

Vagina atau organ intim wanita adalah salah satu bagian yang memang wajib diperhatikan perawatannya. Nah, salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah cara membasuh vagina. Karena sangat intim, membasuh vagina ini berbeda dengan mencuci bagian tubuh yang lain.

Salah membasuh vagina bisa berakibat fatal seperti menyebabkan gatal sampai berjamur pada area kewanitaan. Rasa tak nyaman pada vagina ini juga bakal membuat tubuh merasa risih sepanjang hari. Lalu, bagaimana sih cara membasuh vagina yang benar?

  • Bagian dalam vagina pada dasarnya memiliki kemampuan sendiri untuk membersihkan diri. Namun bagian vulva tetap harus kita bersihkan.
  • Vagina memiliki kadar pH sekitar 3,5 sampai 4,5. Saat kamu menggunakan sabun mandi dengan pH sekitar 8, ini akan merusak keseimbangan vagina. Akibatnya, vagina jadi gatal, teriritasi, dan berbau. Perhatikan kandungan pH sabun dan pilihlah sabun yang netral dan sesuai pH vagina.
  • Ladies, membersihkan vagina kurang dari sekali sehari, tumpukan keringat dan sekresi tubuh tidak akan hilang. Jika dibersihkan lebih dari sekali, hal malah  mengganggu keseimbangan vagina. Sebaiknya bersihkan vagina dengan handuk basah yang halus atau tangan. Jangan dengan yang lain karena bisa menyebabkan luka atau robekan di kulit.
  • Hindari juga melakukan douche atau membersihkan bagian dalam vagina. Ini karena ada bakteri baik dan buruk pada vagina. Saat menggosok bagian dalam vagina, kamu akan menghilangkan kedua bakteri ini. Saat melakukan ini, kamu berisiko mengalami infeksi jamur dan kondisi lain seperti bacterial vaginosis, infeksi jenis lain.


Membersihkan vagina memang penting, tapi pastikan kamu tahu aturannya agar malah tak membahayakan vagina. Vagina sebenarnya diciptakan untuk membersihkan diri sendiri.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading