Sukses

Beauty

Tak Sama dengan Susu, Susu Kental Manis Sebenarnya Adalah Gula

Jika kamu berpikir bahwa susu kental manis sama dengan susu cair yang biasa dijual di peternakan susu atau susu kemasan yang dijual di toko, kamu salah besar. Hanya karena ada kata susu, bukan berarti susu kental manis bisa disamakan dengan susu cair dan olahan susu lainnya. Karena ternyata sebenarnya susu kental manis lebih banyak kandungan gula dibanding kandungan susu sendiri.

Susu kental manis merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan pada aneka olahan makanan dan minuman manis, tautan berikut.

Seperti yang telah dijelaskan dalam surat edaran dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia menyebutkan bahwa produk susu kental manis tidak bisa disetarakan dengan produk susu lain seperti susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/susu formula atau susu pertumbuhan.

 

Baca juga:

 

"Jika dibandingkan dengan susu segar, dalam susu kental manis selain ada laktosa juga ada gula pasir dalam jumlah yang cukup banyak," ujar dokter spesialis gizi klinik dr. Tirta Prawita Sari, Sp.GK, M.sc yang juga menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia.

Bukan hanya soal kandungan gula yang tinggi, kandungan protein pada susu kental manis ternyata juga rendah, dibandingkan dengan protein pada susu yang biasa seperti susu cair atau susu bubuk, seperti dijelaskan Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Dr Endang L Achadi.

Susu kental manis tak sama dengan susu asli./ copyright Shutterstock.com

Oleh karena itu, susu kental manis tidak dianjurkan dikonsumsi anak-anak dan bayi. Dalam surat edaran tertanggal 22 Mei 2018 Nomor HK.06.5.51.511.05.18.200 Tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) BPOM RI bahkan menyebutkan agar iklan susu kental manis tidak ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Bahkan konsumsinya untuk orang dewasa juga sebaiknya dibatasi karena bisa memicu diabetes.

Jadi, mulai sekarang jangan salah paham mengenai kandungan susu kental manis. Mulailah memilih makanan sehat untuk keluarga ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

 

Baca juga:

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading