Sukses

Beauty

Memperkuat Imunitas Tubuh Menghadapi Pergantian Cuaca Ekstrem

Ladies, musim hujan sudah berganti dengan musim panas. Namun di beberapa daerah masih saja hujan mengguyur tipis-tipis dan udara dingin mulai terasa sebagai tanda pergantian musim (mangsa ketiga -- Jawa). Di musim seperti ini, banyak orang jatuh sakit karena imunitas tubuh yang melemah menghadapi pergantian cuaca ekstrem.

Imunitas tubuh yang kuat merupakan benteng pertahanan terhadap berbagai macam penyakit. Sistem imunitas tubuh akan memberikan respon perlindungan terhadap bakteri, virus dan parasit yang masuk ke dalam tubuh.

Menjaga imunitas tubuh selalu baik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang diakui keberhasilannya dalam menjaga sistem imunitas tubuh adalah:

Menghindar dari asap rokok

Foto: copyright pexels.com

Baik perokok aktif maupun pasif merupakan golongan yang rentan terserang penyakit infeksi. Sebuah penelitian tahun 2010 di Ohio menggambarkan perokok aktif dan pasif mengalami derajat keparahan penyakit lebih tinggi akibat penurunan sistem imunitas tubuh.

Aktif berolah raga

Foto: copyright pexels.com

Kombinasi latihan aerobik dan latihan kekuatan otot yang diselingi latihan kelenturan seperti yoga selama 20 – 30 menit dengan interval 2-3 kali dalam seminggu baik untuk menjaga tubuh tetap fit dan juga menjaga berat badan. Kelebihan berat badan yang disertai penumpukan lemak tubuh akan meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan juga menurunkan kemampuan sistem imun tubuh.

Tidur

Foto: copyright pexels.com

Tidur malam yang baik dan cukup berarti memberikan kesempatan bagi sistem imunitas tubuh bekerja dalam kondisi terbaik.

Memilih makanan sehat

Foto: copyright pexels.com

Makan sehat berati didalamnya terkandung cukup nutrisi yang diperlukan untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Komposisi makanan sehat terdiri dari buah, sayur, sereal dan biji-bijian utuh, serta makanan dengan kandungan lemak dan gula rendah.

Kebersihan

Foto: copyright pexels.com

Jagalah kebersihan di sekitar makanan yang kita buat dan tempat penyimpanannya seperti dapur dan kulkas. Hal tersebut dapat mengurangi jumlah kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Semoga sehat selalu agar bisa beraktivitas dengan maksimal ya, Ladies!

Sumber: Olive Tree Health and Beauty Center

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading