Sukses

Beauty

Kelebihan Vitamin A? Ini 4 Efek Samping yang Dirasakan Tubuh!

Tubuh memerlukan vitamin dan mineral setiap harinya untuk menjalankan metabolisme dan fungsi organ yang baik. Tentunya hal ini membuat banyak orang akhirnya mengonsumsi makanan sehat tinggi nutrisi. Tapi terkadang mengonsumsi vitamin berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, salah satunya jika kelebihan vitamin A.

Hipervitaminosis vitamin A di dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai dampak kesehatan. Jika secara umum bisa dilihat dan dirasakan adalah seperti pembengkakan tulang, kuku retak, kehilangan selera makan, dan sudut-sudut mulut nampak retak. Dampak lain seperti pandangan jadi buram, pusing, mual, muntah, kulit kasar dan kering serta mengelupas, gatal pada kulit, rambut rontok, kebingungan hingga infeksi pernapasan.

Seperti apa gejala yang bisa dilihat jika kamu kelebihan vitamin A? Seperti dilansir dari Medical News Today, gejala umumnya adalah sakit kepala dan ruam kulit. Emosi juga lebih sensitif, kamu jadi mudah marah, mengantuk, mual, sakit perut dan muntah.

Inilah mengapa sebaiknya setiap orang tahu berapa banyak kebutuhan vitamin tubuh agar bisa memperkirakan berapa banyak konsumsi vitamin A yang cukup. Kebutuhan vitamin A juga tergantung dari usia, jenis kelamin dan kondisi tubuh, apakah sedang hamil atau tidak.

Kelebihan vitamin A tak baik untuk tubuh/copyright Shutterstock.com

Departemen Kesehatan Amerika Serikat (NIH), merekomendasikan asupan vitamin per hari dengan pedoman berikut ini:

  • Usia 1-3 tahun: 300 mikrogram
  • Usia 4-8 tahun: 400 mikrogram
  • Usia 9-13 tahun: 600 mikrogram
  • Pria berusia 14 tahun ke atas: 900 mikrogram
  • Wanita berusia 14-18 tahun: 700 mikrogram
  • Wanita berusia 19 tahun dan lebih tua: 700 mikrogram
  • Wanita hamil berusia 19 tahun dan lebih tua: 770 mikrogram.

Namun jika masih tidak bisa memperkirakan berapa banyak vitamin yang sudah dikonsumsi per harinya, pastikan saja kamu cukup makan buah dan sayur berbagai warna. Karena makan makanan sehat apapun dengan cukup sudah tak perlu membuatmu khawatir lagi.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading