Sukses

Beauty

Bahaya! Terus Menerus Menatap Ponsel Bikin Kamu Cepat Tua dan Keriput

Tak dipungkiri ponsel menjadi alat yang sangat penting bagi manusia modern. Ponsel membuat semua hal jadi lebih mudah dan praktis. Belanja dan berbagai hal lain pun hanya semudah mengeklik ponsel. Ternyata ponsel ini juga berpengaruh pada kesehatan lho Ladies.

Terlalu lama menatap ponsel bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang disebut tech neck (leher kaku). Kesehatan mental juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan bermain ponsel. Kini, satu lagi kerugian lain akibat terlalu lama terpapar cahaya biru dari layar ponsel terungkap. Kamu berisiko mengalami penuaan dini.

Studi yang dilakukan oleh US National Library of Medicine mengungkapkan bahwa paparan cahaya biru high energy visible (HEV) dari gawai dalam waktu lama bisa mempercepat penuaan. Berbagai tandanya tampak dari munculnya hiperpigmentasi, keriput, serta garis wajah yang semakin nyata.

Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa meminimalisir risiko penuaan dini ini Ladies. Caranya adalah dengan membatasi durasi penggunaan gawai. Cara kedua dengan menggunakan tabir surya yang tak hanya melindungi kulit dari UVA dan UVB, melainkan juga yang bisa menghambat paparan cahaya HEV.

Cara mudah lainnya adalah dengan mengubah mode ponsel menjadi "night mode" agar cahaya biru menjadi cahaya kuning ketika kamu bermain ponsel di tempat tidur. Ini akan membantu melindungi kulit agar tak mengalamin penuaan dini sekaligus menjaga mata tetap sehat. Kamu juga disarankan untuk melapisi layar ponsel dengan pelapis khusus yang bisa menghambat paparan sinar.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading