Sukses

Beauty

Tahukah Kamu Makan Dua Telur Dalam Sehari Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Telur merupakan makan sehari-hari yang sering kita konsumsi. Selain protein yang baik bagi tubuh, mengonsumsi dua butir telur sehari juga bermanfaat menutrisi tubuh.

Mengapa harus dua telur? Sebab, dua buah telur besar akan memberikan tubuh kamu 13 gram protein, 9,5 gram lemak, 56 mg kalsium, dan 1,8 mg zat besi. Sedangkan kuning telur berukuran sedang mengandung antara 185 dan 215 mg kolesterol.

Namun perlu diperhatikan, jika kadar kolesterol LDL (jahat) kamu berlebih dari 100 mg, atau jika kamu didiagnosis mengidap penyakit jantung, sebaiknya kamu disarankan hanya mengonsumsi 200 mg kolesterol per hari.

Selain itu, ada pula beberapa manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsi dua buah telur perhari, seperti yang dilansir dari Boldsky.


1. Otak berada di bawah perlindungan kolin

Fosfolipid meningkatkan komunikasi normal sel-sel otak yang terdiri dari kolin. Kolin adalah vitamin yang terbukti secara klinis menjadi bahan bangunan terpenting di otak. Makan 2 butir sehari akan memberikan tubuh kamu jumlah gizi yang cukup. Kekurangan vitamin kolin menyebabkan hilangnya ingatan dan kelupaan.

2. Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium

Telur kaya akan vitamin D dan vitamin ini membantu penyerapan kalsium dan memperkuat tulang dan gigi. Bagaimana cara vitamin D membantu penyerapan kalsium? Vitamin D memfasilitasi penyerapan kalsium usus dan merangsang penyerapan ion fosfat dan magnesium.

3. Penglihatan yang baik

Penelitian baru menemukan bahwa telur ayam tinggi lutein dan zat ini bertanggung jawab untuk penglihatan yang jelas dan tajam. Lutein disebut vitamin karotenoid yang membantu mencegah penyakit mata termasuk katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Kekurangan lutein dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mata dan penglihatan secara permanen memburuk.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian baru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur seimbang dengan fosfatida, yang tidak membahayakan kesehatan. Ini juga menghentikan produksi kolesterol tubuh. Asam lemak omega 3 yang ada dalam sel telur juga membantu mengurangi kadar trigliserida, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Risiko kanker menurun

Makan dua butir tekur sehari akan mengurangi risiko kanker. Menurut sebuah penelitian, seorang perempuan yang memasukkan telur ke dalan diet hariannya, akan mengalami penurunan risiko terkena kanker payudara hingga 18 persen. Hal ini disebabkan oleh nutrisi penting yang disebut kolin yang ditemukan pada telur yang berhubungan dengan penurunan risiko kanker payudara hingga 24 persen.

6. Meningkatkan kesuburan

Vitamin B yang ditemukan dalam telur membantu pembentukan hormon seks. Asam folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B9, membantu dalam pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin terbentuk. Ini mengurangi kemungkinan anak menderita keterbelakangan mental.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading