Sukses

Beauty

Benarkah Asam Lemak Omega 3 Baik untuk Otak? Ini Faktanya!

Seperti yang kita tahu bahwa seafood memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah kesehatan jantung. Salah satu kandungan ikan laut yang utama adalah asam lemak omega3 yang sehat. Bukan hanya untuk kesehatan jantung tapi juga untuk otak.

Tapi benarkah? Seperti apa pengaruh asam lemak omega 3 dalam menjaga kesehatan otak? Seperti dikatakan Simon Dyall dalam Time.com, kepala akademis serta kepala nutrisi di Bournemouth University, "Asam lemak omega 3 memberi banyak pengaruh fundamental pada proses kinerja otak."

Asam lemak tak jenuh tunggal omega-3 yang disebut EPA dan DHA lah yang membantu metabolit ekspresi gen, mengoksidasi stres, aliran darah ke otak, tingkat neurotransmiter, dan proses terkait otak lainnya seperti produksi neuron baru. Peran DHA, terutama penting untuk membentuk membran sel otak.

Jika makan ikan langsung memberi efek langsung seperti ini, yang kini jadi pertanyaan adalah apakah mengonsumsi suplemen asam lemak omega 3 juga bisa memberikan manfaat yang sama?

Supelemen ikan tak sama dengan makan ikan terkait pengaruhnya pada otak/copyright Pixabay.com/stevepb

Penelitian yang dilakukan selama dua tahun dan di sebutkan dalam NCBI PubMed.gov menemukan bahwa orang dewasa tua yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 500mg DHA dan 200mg EPA tidak menunjukkan perubahan signifikan pada fungsi kognitif dibanding placebo.

Namun penulis penelitian Matthew Muldoon, profesor dari University of Pittsburgh mengatakan, "Mungkin karena kita hanya melakukan percobaan ini selama 4 bulan saja, bisa jadi efek kesehatan bisa dilihat lebih dari waktu tersebut atau justru memang tidak ada perubahan sama sekali."

Jadi, selama memang masih memungkinkan, akan lebih baik jika mendapatkan manfaat asam lemak omega 3 langsung dari makan ikan daripada minum suplemen untuk kesehatan otak karena ternyata lebih baik penyerapannya dari ikan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading