Sukses

Beauty

Lakukan Pertolongan Pertama Ini Jika Alami Serangan Jantung Sendirian

Tidak ada yang bisa menduga umur seseorang dan tak ada yang tahu serangan jantung bisa menyerang siapa. Karena terkadang serangan jantung itu sendiri mendadak, ada baiknya jika setiap orang menjaga diri sendiri mulai dari sekarang, apalagi serangan jantung seringkali muncul secara tiba-tiba dan kapan saja.

Orang yang tidak tahu ia sedang mengalami serangan jantung pada akhirnya mengalami risiko fatal kematian, apalagi di saat sendirian. Lalu bagaimana dan seperti apa yang bisa dilakukan jika kemudian mengalami serangan jantung saat sedang sendirian agar bisa menyelamatkan diri sendiri?

Seperti dilansir dari Health XChange Singapore, Sabtu 23 Juni 2018, Departemen Kardiologi dari National Heart Centre Singapore (NHCS) menyarankan banyak orang untuk bisa belajar bertahan hidup saat serangan jantung menyerang, apalagi saat sedang sendirian.

Pertolongan pertama jika serangan jantung saat sendirian/copyright Shutterstock.com

1. Hentikan semua kegiatan yang kamu lakukan. Ketika dada terasa sesak dan sakit, lebih baik istirahat, hentikan semua kegiatan yang sedang kamu lakukan. Jika sedang berkendara, segeralah menepi.

2. Cari tempat yang aman sehingga bisa meminta bantuan. Segera hubungi orang terdekat untuk meminta bantuan atau pertolongan medis. Akan lebih baik lagi jika kamu berpikir untuk segera ke rumah sakit. Penanganan segera akan mencegah risiko lebih serius.

3. Minum aspirin. Jika ada aspirin, segera minum. Aspirin akan membantu meningkatkan peluang pasien bertahan hidup saat serangan jantung karena bisa mengencerkan darah dan melebarkan pembuluh darah.

Karena menurut Chin, sebagian besar kasus serangan jantung terjadi karena gumpalan darah yang terbentuk di salah satu pembuluh darah yang bertanggung jawab memasok darah ke jantung.

Sebagai langkah pencegahan, hindari melakukan sekian hal ini sara serangan jantung terjadi.

Pertama, jangan meminum obat nitrogliserinn, karena obat ini hanya untuk pasien dengan angina dan belum terbukti bisa membantu pasien serangan jantung. Kedua, jangan menekan dada dan batuk. Bisa jadi ini akan menimbulkan sesak yang justru menyulitkan untuk bernapas.

Jadi, itu yang bisa kamu lakukan jika mengalami serangan jantung saat sendirian ladies. Tapi semoga hal ini tidak perlu terjadi dan tetap jaga kesehatan ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading