Sukses

Beauty

7 Makanan Turunkan Kolesterol Setelah Makan Makanan Lebaran

Setelah lebaran, terkadang banyak orang mengalami kenaikan kadar kolesterol, apalagi jika selama lebaran konsumsi makanannya selalu yang bersantan, berlemak serta goreng-gorengan. Banyak menu makanan lebaran yang meskipun enak, nyatanya tidak baik jika dikonsumsi secara berkala dan berlebihan.

Namun tentu saja ada cara untuk menurunkan kolesterol dan mengembalikan kondisi kesehatan seperti semula, salah satunya juga dengan makanan. Beberapa makanan mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kestabilan kolesterol tubuh sehingga metabolisme tidak terganggu.

Seperti dilansir dari Harvard Health Publishing, Harvard Medical School, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol, di antaranya adalah sebagai berikut.

Oats bisa menurunkan kolesterol jahat/copyright Shutterstock.com

1. Oat
Makanan sehat yang sering dijadikan menu sarapan ini sangat efektif menurunkan kolesterol karena tinggi serat larut yang mudah dicerna yang bisa menyrap kolesterol jahat. penelitian menemukan bahwa konsumsi oat rutin bisa menurukan LDL sebanyak 5,3% hanya dalam 6 minggu.

2. Buah dengan rasa asam
Makan buah-buahan asam dan mengandung vitamin C tinggi seperti strawberry, kiwi, apel, anggur, dan lainnya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu kestabilan kolesterol tubuh. Buah-buahan asam juga mengandung pectin serta serat larut yang bisa menyerap LDL.

3. Terong dan Okra
Sayuran ini bisa menurunkan kolesterol jika diolah dengan baik, seperti dikukus, ditumis dan direbus. Intinya, dimasak dengan tidak menggunakan minyak. Sayuran rendah kalori ini ternyata juga termasuk serat larut yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat tinggi yang jelas bisa menurunkan kolesterol, membantu kelancaran metabolisme dan kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan kacang almond, walnut, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kedelai dan lain sebagainya, bukan hanya baik untuk jantung tapi juga untuk kestabilan kolesterol. Makan kedelai 25 gr per hari diketahui bisa menurunkan 5% hingga 10% LDL tubuh.

Lemak sehat ikan salmon bantu turunkan kolesterol jahat/copyright Shutterstock.com

5. Makanan mengandung sterol dan stanol
Makanan yang mengandung sterol dan stanol seperti margarin, granola bar, jus jeruk dan cokelat. Sterol dan stanol sendiri merupakan ekstraksi tanaman karet yang ternyata punya kemampuan menyerap kolesterol dari makanan. Bahkan sudah ada suplemen-nya. Konsumsi makanan mengandung sterol dan stanol bisa menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

6. Ikan
Lemak sehat pada ikan salmon, tuna dan ikan lainnya justru mampu menurunkan LDL tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan sangat baik menurunkan trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya ritme jantung yang abnormal.

7. Teh
Teh bukan hanya memberi efek relaksasi tapi juga sangat baik menurunkan kolesterol. Antioksidan dalam teh ternyata bisa menurunkan kadar LDL tubuh. Menurut sebuah penelitian dari USDA, teh hitam bisa menurunkan lipid dalam darah hingga 10% jika dikonsumsi selama tiga minggu.

Itu dia sekian makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Sebisa mungkin jadikan sekian makanan di atas sebagai menu harian setelah mengonsumsi banyak makanan lebaran yang meningkatkan kolesterol ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading