Sukses

Beauty

Eneg Setelah Tur Kuliner Lebaran? Kembalikan Metabolisme Dengan Tips Ini

Saat menyambut hari raya, biasanya kita melonggarkan aturan makan. Dari yang setiap harinya menjalani diet dengan sayur dan buah-buahan, saat hari raya bolehlah makan makanan bersantan dan yang manis-manis. Mumpung setahun sekali, kapan lagi?

Tapi, sebagai konsekuensinya, tubuh kita menjerit kekenyangan dan mulai protes. Rasa eneg, sembelit atau pun rasa sesak di dada merupakan tanda umum jika kita makan berlebihan. Nah, jangan terlena, segera lakukan detoks untuk mengembalikan fungsi pencernaan seperti semula. Ini caranya:

Foto: copyright pexels.com

Setelah makan

  • Minumlah teh herbal, misalnya teh jahe atau teh peppermint hangat. MInuman hangat akan memperbaiki pencernaan secara umum. Jahe dan peppermint akan mengurangi rasa eneg.
  • Makan pepaya untuk menambah asupan serat dan melancarkan pencernaan.
  • Jangan tidur-tiduran dua hingga tiga jam setelah makan untuk mencegah sembelit dan naiknya asam lambung

Keesokan paginya

  • Makan oatmeal untuk sarapan. Oatmeal tinggi serat yang mudah larut, sehingga merangsang kerja usus agar mudah buang air besar.
  • Banyak minum air putih untuk membuang racun dalam tubuh. Selain itu serat mudah larut dalam oat yang dimakan saat sarapan, membutuhkan air agar bisa bekerja maksimal.

Sepanjang hari

  • Usahakan menyantap sayuran atau buah, di samping ikan-ikanan dan daging-dagingan. Misalnya wortel dan selada pada bistik, atau makan buah setelah makan rendang.
  • Perbanyak bergerak ringan.

Begitu banyak makanan yang enak-enak disajikan saat Lebaran. Kembali pada diri kita sendiri untuk mampu mengendalikan nafsu makan dan memperbaikinya setelah berhari-hari digempur makanan yang berisiko kolesterol. Semoga sehat selalu!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading