1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Lebaran Kebanyakan Makan Manis? Jaga Gula Darah dengan Konsumsi Buah Ini

Kamis, 14 Juni 2018 19:30 Penulis: Endah Wijayanti
Perbanyak konsumsi buah ya./Copyright Unpopulart

Vemale.com - Saat lebaran tiba biasanya kita akan sulit menahan godaan aneka kue kering yang manis. Setiap kali bertamu atau bersilaturahmi, tak jarang kita akan disuguhi aneka kudapan manis. Selama tidak berlebihan, makan yang manis-manis tidak masalah untuk tubuh. Tapi kalau sudah berlebihan, gula darah bisa melonjak dan ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Jika sudah kalap atau kebablasan makan yang manis-manis, kita perlu melakukan sesuatu untuk menyeimbangkan gula darah. Salah satunya adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan. Kenapa mengonsumsi buah? Seperti yang dilansir dari everydayhealth.com, menurut American Diabetes Association (ADA), ada banyak jenis buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin serta mineral yang bagus untuk tubuh. Kandungan seratnya pun bisa menjadi nutrisi baik untuk menjaga kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes tipe II. Berikut ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk menjaga dan menstabilkan gula darah saat kamu sudah kebanyakan makan yang manis-manis.

Buah Apel
Satu buah apel bisa mengandung 77 kalori dan 21 gram karbohidrat. Selain itu, buah apel ini kaya akan serat dan sumber vitamin C yang baik. Bahkan kulitnya pun bernutrisi karena kaya akan antioksidan. Coba seimbangkan pola makanmu saat lebaran dengan mengonsumsi buah apel ya.

Apel./Copyright pixabay.com

Buah Jeruk
Buah yang kaya vitamin C ini mengandung folat dan kalium yang bisa membantu menyeimbangkan tekanan darah. Satu buah jeruk bisa mengandung 15 gram karbohidrat dan 62 kalori. Mengonsumsi buah jeruk pun pasti memberikan kesegaran tersendiri.

Buah Pir
Buah pir kaya akan serat dan mengandung vitamin K. Baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat tubuhmu. Rasanya yang segar juga bisa mengatasi rasa eneg saat kebanyakan mengonsumsi kue kering yang terlalu manis.

Buah Kiwi
Buah kiwi kaya akan kandungan kalium, serat, dan vitamin C. Satu buah kiwi ukuran besar mengandung 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Buah ini juga cocok dikonsumsi untuk diet.

Kiwi./Copyright thinkstockphotos.com

Buah Stroberi
Buah stroberi dan aneka berry lainnya seperti blueberry dan raspberry kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Buah stroberi pun sangat cocok dijadikan menu pencuci mulut dan menghilangkan rasa eneg.

Aneka buah lain yang kaya serat juga baik untuk dikonsumsi. Yang pastinya juga jaga pola makanmu tetap seimbang ya ladies. Kesehatan tetap jadi prioritas utamamu di lebaran kali ini.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Sehat
  2. Buah Sehat
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle