Sukses

Beauty

7 Alasan Inilah yang Membuatmu Sangat Rentan Digigit Nyamuk

Siapa yang tidak pernah digigit nyamuk? Sebagai negara tropis yang mana sangat umum menjadi tempat hidup dan berkembang biaknya serangga, tidak terkecuali nyamuk, sudah bukan hal baru jika kamu pernah atau mungkin sering digigit nyamuk.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya nyamuk juga 'pilih-pilih' saat mencari mangsa? Beberapa orang juga merasa dirinya lebih sering digigit nyamuk dibanding yang lainnya, karena ternyata memang ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang lebih rentan digigit nyamuk, melansir Indiatimes pada Senin (4/6/2018).

1. Mengenakan pakaian tertentu
Jika kamu suka pakai pakaian warna terang seperti merah, kamu akan jadi target gigitan mereka. Juga jika kamu suka mengenakan baju warna gelap seperti navy atau hitam, sering juga nyamuk hinggap karena suka berkamuflase di tempat gelap.

2. Golongan darah O
Jika kamu pemilik golongan darah O, kamu juga bisa jadi favorit para nyamuk. Karena ternyata nyamuk bisa menyerap protein lebih banyak dari orang dengan golongan O dibanding dari golongan darah lainnya. Dan ternyata, 85 persen orang mengeluarkan sinyal kimia melalui kulit mereka dan menunjukkan jenis golongan darah yang dimiliki.

Alasan kamu jadi incaran nyamuk/copyright Pexels.com
3. Karbondioksida yang dikeluarkan
Nyamuk punya cara alami mengetahui sasarannya, yaitu dengan cara mengenali suhu tubuh dan karbondioksida yang dikeluarkan manusia. Orang yang bertubuh besar cenderung punya tubuh lebih hangat dan mengeluarkan lebih banyak gas ini sehingga lebih disukai.

4. Tubuh yang sehat
Ternyata, punya tubuh yang sehat juga jadi target empuk untuk nyamuk. Semakin sehat kamu, maka semakin rentan digigit nyamuk. Karena nyamuk juga memiliki penciuman yang mampu mengendus asam laktat, asam urat, dan amonia, serta senyawa lain yang dikeluarkan melalui keringat dan suhu tubuh yang lebih tinggi, ia tahu mana manusia yang enak untuk dihisap.

5. Ibu hamil
Ibu hamil ternyata juga menjadi incaran favorit nyamuk karena tubuh wanita hamil biasanya lebih hangat daripada yang wanita lain, berat badannya lebih besar dan mengeluarkan lebih banyak karbondioksida sehingga cocok sebagai target yang lebih disukai.

Nyamuk memilih target dengan ciri-ciri seperti ini/copyright Shutterstock.com

6. Bakteri di kulit
Beberapa bagian tubuh memiliki bakteri tertentu dan sejumlah bakteri diyakini membuat nyamuk lebih tertarik menggigit, seperti di area pergelangan kaki.

7. Hobi minum bir
Penelitian mengungkapkan bahwa nyamuk juga tertarik pada orang-orang yang suka mengonsumsi bir paling tidak satu botol karena adanya peningkatan kadar etanol dalam keringat sehingga menyebabkan nyamuk suka menjadikannya target.

Jadi, kira-kira kamu termasuk kategori yang mana hingga bisa menjadi favorit dan incaran nyamuk?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading