Sukses

Beauty

Nutrisi Penting, Ini Manfaat Susu Untuk Sahur dan Buka Puasa

Saat bulan puasa, tentu kita membutuhkan asupan yang bergizi agar tetap kuat menjalani aktivitas seharian.

Senior Nutrition Manager PT Fonterra Brands Indonesia, Ines Yumahana Gulardi, menjelaskan selain mengonsumsi buah, sayur, karbohidrat, protein dan lemak, susu juga bisa ditambahkan untuk sahur maupun berbuka puasa. Tentu minum susu saat berbuka merupakan hal yang tidak biasa dilakukan masyarakat Indonesia.

Namun Ines mengatakan, susu mengandung protein yang tinggi, energi, vitamin dan mineral. Mengonsumsi susu dan mengombinasikan dengan makanan yang sehat dan seimbang di saat sahur dan berbuka puasa tentu dapat memenuhi zat gizi yang tubuh butuhkan.

Rekomendasi protein untuk dewasa itu 60 gram sehari. Sementara satu gelas susu memiliki 7 gram protein. Kalau dua gelas sehari sudah 14 gram dan merupakan sumber protein yang sehat saat berpuasa.

“Mengonsumsi dua gelas susu sapi sehari sama seperti mengonsumsi dua protein dalam telur, kalsium dalam tiga mangkuk brokoli, vitamin B12 dalam 85 gram daging sapi dan Fosfor dalam satu mangkuk kacang,” ujarnya saat ditemui dalam peluncuran susu Anchor Full Cream Milk Powder di Jakarta, Rabu (30/5).

Inez menambahkan, susu juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga meningkatkan glukosa darah dengan stabil setelah mengonsumsinya, karena kandungan gula alami (laktosa) dan komposisi nutrisinya sehingga susu dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan menunda lapar.

"Susu juga mengandung sembilan asam amino esensial, mineral zink dan vitamin yang berperan pada sistem kekebalan tubuh," ucapnya.

Olla Ramlan, public figure dan ibu tiga orang anak, pun menyampaikan, ketika waktu sahur dan berbuka puasa, ia selalu menyediakan makanan bergizi seimbang dan segelas susu untuk mendukung kebutuhan pola makan sehat selama berpuasa.

“Sebagai seorang ibu, saya sangat memperhatikan kesehatan keluarga saya. Saya harus memastikan kebutuhan nutrisi setiap anggota keluarga terpenuhi, terutama di saat Ramadan ini. Karena itulah saya sangat senang saat mengetahui bahwa kini telah tersedia Anchor Full Cream Milk Powder, yang tentunya membawakan kebaikan susu murni dari Selandia Baru bagi keluarga saya dan masyarakat pada umumnya di Indonesia,” tutupnya.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading