Sukses

Beauty

Studi Menarik! Puasa Bisa Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

Masih semangat puasanya, ladies? Puasa sebulan penuh di bulan Ramadan 2018 akan jadi pengalaman istimewa. Apalagi kalau dilakukan dengan niat ibadah yang diimbangi dengan menjaga pola hidup seimbang, maka kita bisa mendapat banyak manfaat luar biasa dari puasa.

Salah satu manfaat dari puasa adalah meningkatkan kecerdasan intelektual. Yup, puasa bisa bikin kamu tambah cerdas. Ada kajian menarik terkait hal ini. Seperti yang dikutip dari buku The Miracle of Fast, di Universitas Florida Amerika Serikat pernah diadakan kajian mengenai manfaat puasa. Hasilnya salah satu manfaat puasa adalah dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan kecerdasan seseorang. Wah, kira-kira kenapa bisa begitu ya?

Saat sedang berpuasa, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Dengan begini, efeknya kadar darah dan oksigen yang biasa masuk ke pencernaan banyak berkurang. Lalu, darah dan oksigen itu akan lebih maksimal memasuki  bagian-bagian tubuh manusia yang lebih membutuhkan, terutama otak. Darah yang disalurkan ke pencernaan akan dikurangi untuk dipakai organ lain, termasuk otak. Yup, otak merupakan organ paling penting bagi proses berpikir. Sehingga kinerja otak pun jadi lebih maksimal.

Yuk, semangat puasanya./Copyright shutterstock.com

Sedangkan saat perut kekenyangan, akan ada banyak darah yang disalurkan ke pencernaan. Belum lagi dengan efek rasa kantuk dan letih karena perut kekenyangan, konsentrasi pun bisa berkurang.

Manfaat puasa ini pun sudah dirasakan oleh orang-orang terdahulu. Salah satunya adalah ulama besar Imam Asy-Syafi'i yang telah mengakui kehebatan puasa saat beliau sedang menuntut ilmu. Beliau mengatakan, "Aku tidak pernah kenyang selama 16 tahun. Karena kekenyangan akan memberatkan badan, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, membuat kantuk, dan melemahkan manusia dari beribadah kepada Allah."

Pepatah yang mengatakan bahwa ilmu dan akal tidak mungkin bersama dalam lambung yang penuh makanan sepertinya memang benar adanya. Jadi, yuk semangat puasanya di bulan Ramadan 2018 ini. Ada banyak manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dari ibadah puasa yang kita lakukan di bulan penuh berkah ini.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading