Sukses

Beauty

Puasa Ramadan Lancar Meski Tekanan Darah Rendah? Konsumsi Makanan Ini!

Menjalankan ibadah puasa memang diwajibkan untuk umat Islam, terutama jika tidak berhalangan apa pun. Tapi terkadang beberapa kondisi tubuh bisa agak menyulitkan untuk menjalankan puasa, seperti misalnya jika kamu menderita tekanan darah rendah.

Gejala tekanan darah rendah seperti gampang pusing, lemas, mual dan bahkan pingsan bisa sangat menyulitkan saat puasa Ramadan. Apalagi ketika puasa, tekanan darah kemungkinan semakin turun karena tubuh dehidrasi dan tidak ada asupan makanan dan minuman seharian.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa berpuasa hanya karena tekanan darah rendah. Dilansir dari stylecraze.com, ini sekian makanan yang harus kamu konsumsi dan hindari selama buka dan sahur untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Makanan yang harus dikonsumsi

  • Makanan tinggi vitamin B12 seperti telur, daging sapi, daging unggas dan sereal
  • Makanan tinggi asam folat seperti hati sapi, asparagus, brokoli, dan berbagai sayuran hijau lainnya.
  • Makanan asin seperti bakso, gulai, sate, soto dan lainnya, karena asupan sodium di dalam garam mampu meningkatkan tekanan darah.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan cokelat.

Makanan yang harus dihindari

  • Kentang, pasta, nasi putih, roti tawar, gula, kue dan berbagai makanan manis, serta alkohol

Kamu bisa mengatur menu makanan selama buka puasa dan sahur dengan menu-menu makanan yang mengandung banyak nutrisi, misalnya buka puasa dengan sate dan sahur dengan sup daging sapi, sehingga tekanan darah tidak turun dan puasa tetap lancar.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading