Sukses

Beauty

5 Cara Puasa Tetap Lancar Selama Traveling atau Bepergian Jauh!

Jika menjalankan ibadah puasa Ramadan dan kamu sedang bepergian, mungkin satu tantangannya adalah menahan diri agar tidak cepat lelah dan lemas selama di perjalanan, apalagi jika perjalanannya jauh. Tapi bukan berarti kamu tak bisa jalan-jalan atau traveling selama berpuasa.

Jika kebetulan kamu sedang traveling selama puasa, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar puasa tetap lancar selama traveling. Seperti dilansir dari HalalTrip, Rabu (23/05/18), berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berpergian selama bulan ramadan.

1. Membawa perbekalan berbuka puasa
Karena kamu akan melakukan perjalanan panjang dan jauh, ketahui kondisi tubuhmu dan bersiap-siap dengan bekal selama di perjalanan. Ketika tidak memungkinkan turun dari kendaraan saat waktu berbuka tiba, kamu bisa mengeluarkan bekal yang kamu bawa. Pastikan juga bekal yang kamu bawa tidak terlalu berat, membebani dan tidak mudah basi.

2. Salat
Jika bepergian jauh tidak memungkinkanmu untuk mampir ke masjid atau musholah, maka lakukan salat jama' dan qashar sehingga puasa Ramadan tetap berkah dengan menjalankan ibadah wajib. Kamu tak perlu khawatir kehilangan kesempatan meninggalkan salat.

Agar puasa lancar meski traveling jauh dari rumah/copyright Pixabay.com/congerdesign

3. Pilih transportasi yang nyaman
Karena perjalanan jauh yang kamu tempuh, pastikan pula kendaraan yang kamu pilih aman dan nyaman. Kamu kebagian duduk dan tidak bereskan dengan penumpang lain. Akan lebih baik jika memilih bepergian setelah buka puasa atau setelah sahur agar puasa tidak terganggu.

4. Survei lokasi
Sebelum berangkat, ada baiknya kamu melakukan penelusuran terlebih dahulu tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Entah itu tempat mencari makan berbuka dan sahur, tempat bermalam, tempat berjamaah tarawih, dan lain sebagainya sehingga aktivitas bulan Ramadan tetap terlaksana meski jauh dari rumah.

5. Membawa Al Qur'an
Jika ingin menambah ibadah selama bulan ramadan, kamu bisa membawa Al Qur'an dalam perjalanan. Karena akan ada banyak waktu senggang selama perjalanan, kamu bisa mengisi waktu dengan membaca Al Qur'an. Jika repot membawa Al Qur'an fisik, bisa juga lewat aplikasi di ponsel.

Nah, itu dia caranya agar ibadah puasa bulan Ramadan tetap bisa berjalan lancar meski sedang puasa. Semoga bermanfaat ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading