Sukses

Beauty

Waspada Ladies, Menderita Sakit Gigi Bisa Berisiko Sebabkan Sakit Jantung

Gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga kesehatan serta kebersihannya. Namun sayangnya, banyak orang yang lupa untuk memastikan bahwa gigi dan mulutnya sehat lagi bersih. Beberapa bahkan sering menyepelekan sakit gigi yang diderita. Padahal nih ya, sakit gigi merupakan penyakit yang bisa meningkatkan risiko penyakit paling mematikan nomor satu di dunia yakni sakit jantung.

Dilansir dari laman merdeka.com, para ahli mengungkapkan bahwa sakit gigi bisa berujung pada sakit jantung. Padahal, selama ini kita tahu jika sakit jantung adalah penyebab kematian terbesar di dunia baik bagi wanita maupun pria.

Adapun penyakit jantung umumnya dipicu oleh pola hidup yang tak sehat, obesitas atau kegemukan, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, juga sakit gigi serta rongga mulut yang tidak sehat alias tidak terjaga kebersihannya.

Gigi yang penuh dengan karang gigi tidaklah sehat buat kesehatan. Keberadaan karang gigi yang terlalu buruk bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan salah satunya masalah kesehatan jantung. Pada Journal Infection and Immunity mengungkapkan bahwa bakteri yang terdapat di rongga mulut khususnya gigi bisa meningkatkan risiko sakit jantung.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan di University of Helsinki, Finlandia menemukan keterkaitan erat antara infeksi pada akar gigi atau gusi dengan serangan jantung. Bakteri yang ada gigi bisa masuk ke aliran darah dan terbawa hingga ke jantung serta menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh lainnya.

Jika ingin mendapatkan tubuh sehat dan terbebas dari risiko penyakit jantung, pastikan untuk senantiasa menjaga kebersihan serta kesehatan gigi. Gosok gigi secara teratur 2 kali sehari atau selepas makan. Periksakan kondisi kesehatan dan kebersihan gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Jangan malas pula untuk bersiwak dan berkumur.

Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua dijauhkan dari risiko penyakit gigi hingga jantung.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading