Sukses

Beauty

Jangan Abaikan, Ini 4 Manfaat Penting Olahraga Selama Puasa Ramadan!

Banyak orang ragu melakukan olahraga selama puasa, alasan utamanya pasti karena takut lelah dan haus. Ketika tubuh melakukan banyak aktivitas fisik, memang risikonya adalah merasa lelah dan haus karena tubuh dehidrasi setelah mengeluarkan keringat dan terjadi pembakaran energi di dalam tubuh.

Tapi sebenarnya olahraga selama puasa punya banyak manfaat lho. Dilansir dari cashbac, ini beberapa manfaat olahraga yang akan kamu dapat jika melakukannya selama berpuasa.

1. Pencernaan lancar

Olahraga membuat metabolisme bekerja lebih baik, makanan yang masuk saat sahur bisa diolah dengan lebih baik dan dimanfaatkan untuk aktivitas harian. Olahraga juga menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh tetap lancar. Bukan hanya itu, fungsi kelenjar getah bening pun akan meningkat seiring dengan kegiatan yang kamu lakukan sehingga proses detoksifikasi atau pembuangan racun akan menjadi lebih baik selama berpuasa di bulan Ramadan.

2. Menurunkan berat badan

Selama puasa, berat badan bisa turun jika kamu mengimbangi diri dengan olahraga. Kebanyakan orang justru mengalami kenaikan berat badan karena setelah sahur, tidur dan selama seharian tidak olahraga. Nyatanya, kombinasi dari puasa dan olahraga ringan selama bulan Ramadan akan membantu membakar lemak lebih baik dalam tubuh sehingga berat badan turun.

Manfaat olaharaga selama puasa/copyright Shutterstock.com

3. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Selama puasa, orang sering mengeluh lemas, padahal jika mau olahraga, stamina tubuh justru akan meningkat. Orang yang berpuasa dan melakukan olahraga akan mengalami peningkatan kekebalan tubuh dan stamina karena berbagai organ tubuh dirangsang sehingga metabolisme lancar.

4. Menghilangkan stres

Cukup jalan-jalan santai sore hari, bersepeda atau melakukan yoga, sudah cukup membuat perbedaan di dalam tubuh selama puasa, yaitu menurunkan tingkat stres. Beragam latihan yang menyenangkan bisa kamu lakukan dan coba untuk menghilangkan stres. Tidak perlu olahraga berat, pilih saja yang ringan dan kamu suka.

Jadi jangan abaikan manfaat olahraga saat puasa, karena bukannya lemas, tubuh justru jadi lebih kuat dan segar jika olahraga dilakukan dengan benar.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading