Sukses

Beauty

Jangan Makan 4 Jenis Makanan Ini saat Sahur, Agar Puasa Lancar

Selagi tubuh menyesuaikan diri selama menjalankan puasa Ramadan, ada makanan-makanan yang sebaiknya kamu makan dan kamu hindari agar puasa lancar dan kesehatan tetap terjaga. Makanan seperti sayur dan buah adalah menu wajib karena mengandung nutrisi dan serat yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tidak lemas dan gampang lapar seharian.

Sedangkan makanan yang ini, bukan hanya kurang sehat tapi juga akan membuat tubuh lebih cepat dehidrasi, lapar, dan kurang fit.

1. Mie Instan
Mie instan bukan pilihan cerdas untuk sahur dan sebagai makanan pengganjal perut selama puasa. Bukan hanya karena kandungan natrium atau garamnya yang tinggi sehingga dapat menyebabkan dehidrasi, tapi juga kandungan nutrisinya yang rendah. Hal ini berlaku pula untuk makanan olahan lainnya seperti nugget, kornet, sosis, dan lainnya.

Hindari makan makanan pedas/copyright Pixabay.com/Baohm

2. Makanan Pedas
Batasi konsumsi makanan pedas karena bisa membakar mulut dan perut. Apalagi seharian kamu tidak makan dan minum, ketika diare atau sakit perut terjadi, kamu tak bisa mengobatinya. Lebih baik kurangi konsumsi makanan pedas, apalagi saat sahur.

3. Diuretik

Jangan minum minuman yang bersifat diuretik atau membuatmu mudah kebelet pipis. Minuman seperti teh dan kopi bersifat diuretik dan lebih baik dihindari karena bisa menyebabkan dehidrasi. Apalagi teh dan kopi punya kandungan kafein, sehingga punya potensi menyebabkan kembung dan susah tidur. Jadi sebaiknya tidak minum jenis minuman ini saat sahur.

Hindari teh dan makanan manis/copyright Pixabay.com/Irissnebula

4. Gula sederhana
Ada banyak makanan yang termasuk dalam gula sederhana, seperti gula pasir, sirup, es krim, permen, dan segala macam makanan olahan tepung terigu. Kalorinya yang tinggi mungkin mengenyangkan dan mudah diubah jadi energi karena terdiri dari karbohidrat, tapi tidak baik untuk kesehatan karena nutrisinya rendah, dapat meningkatkan kadar gula darah dan justru membuatmu cepat lapar di siang hari.

Jadi, lebih baik kamu puasa dulu ya makan empat jenis makanan di atas selama bulan Ramadan, bukan hanya saat sahur saja. Karena masih ada banyak makanan sehat dengan kandungan nutrisi lengkap dibandingkan makan makanan di atas.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading