Sukses

Beauty

Jangan Remehkan, Ini 4 Manfaat Penting Sahur di Bulan Ramadan

Mungkin banyak orang malas bangun untuk sahur tengah malam karena mengantuk dan lain sebagainya. Meski memang cukup repot untuk bangun dan makan sahur, tapi ternyata sahur sebelum puasa selama bulan Ramadan punya banyak manfaat lho. Dilansir dari Cashbac, ini dia sekian manfaat sahur:

1. Sumber energi selama berkegiatan
Karena selama seharian kamu tak bisa makan dan minum, maka waktu sahur jadi waktu penting untuk mengisi energi dengan makanan yang akan jadi bahan bakar menjalani aktivitas seharian. Makanan seperti nasi, sayuran dan buah jadi asupan paling penting selama sahur sebelum puasa. Pastikan juga banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

2. Sistem kekebalan tubuh meningkat
Sahur ternyata menyimpan manfaat sehat menurut ahli, yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan lebih kebal sehingga tidak mudah terserang penyakit dan tubuh secara otomatis akan menjadi lebih baik. Minum multivitamin bisa mendukung kesehatan tubuh selama menjalankan puasa Ramadan.

Manfaat sahur/copyright Shutterstock.com

3. Mencegah potensi penyakit berbahaya
Karena kekebalan tubuh membaik, otomatis kesehatan juga membaik dan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sahur sendiri menyimpan manfaat mencegah i berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan stroke yang diakibatkan oleh sindrom metabolik. Sindrom metabolik sendiri adalah kondisi kesehatan yang memburuk akibat naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan penumpukan lemak.

4. Membantu program diet
Jika kamu sedang diet, maka sahur jadi pendukung program dietmu karena saat sahur, kamu bisa memilih makanan sehat dengan sayuran dan buah. Tapi jadwal sahur sehat juga perlu diimbangi dengan tidur cukup, karena kurang tidur saat melakukan sahur justru akan meningkatkan berat badan. Apalagi jika tidur lagi setelah sahur.

Jadi, mulai sekarang jangan abaikan manfaat sahur selama bulan Ramadan ya, karena ternyata manfaatnya banyak sekali.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading