1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Tidur Siang Saat Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan Pencernaan

Jum'at, 18 Mei 2018 15:16 Penulis: Rohmitriasih
copyright mexpixel.net

Vemale.com - Hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke-dua bulan Ramadan. Bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, pastikan untuk tetap semangat dan jaga kesehatan tubuh dengan lebih maksimal ya. Pastikan juga untuk memiliki waktu istirahat cukup. Termasuk istirahat di siang hari.

Istirahat memang kebutuhan utama bagi setiap orang yang ingin memiliki tubuh senantiasa sehat. Tak hanya malam hari, istirahat atau tidur siang hari juga bisa membuat tubuh jadi lebih prima, pikiran fokus dan sehat.

Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya adalah menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Istirahat atau tidur di waktu siang saat puasa bisa membantu sistem pencernaan membersihkan diri. Selain itu, istirahat siang saat berpuasa juga bermanfaat membantu mengeluarkan gas dalam pencernaan. Jadi, ini bisa membuat pencernaan terasa lebih nyaman walau tidak makan dan minum selama seharian saat puasa.

Manfaat lain dari istirahat atau tidur siang saat puasa adalah sistem metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Lebih jauh, ini bermanfaat menurunkan risiko stres, lelah berlebih hingga depresi atau pun masalah pencernaan. Menariknya lagi, tidur siang bisa membantu tubuh menyerap nutrisi yang masuk tubuh saat buka maupun sahur dengan cara lebih baik.

Meski istirahat atau tidur siang memiliki banyak manfaat buat kesehatan juga mendatangkan pahala, jangan sampai kamu jadi pribadi yang malas-malasan dan tidur dalam waktu lama. Tidur siang dalam waktu lama justru tidak baik buat kesehatan. Sebaiknya, tidur siang dilakukan selama 15 menit sampai 1 jam setiap harinya.
Sumber: Liputan6.com

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!