1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Belajar Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Penyakit Hipertensi

Jum'at, 18 Mei 2018 15:00 Penulis: Aya Pramutya
Menjaga Kesehatan/copyright unsplash.com/@chrisjoelcampbell

Vemale.com - Menjaga kesehatan memang harus dilakukan sedini mungkin, Ladies. Terutama untuk kita yang punya banyak aktivitas. Selain menjaga kesehatan, kita juga harus rajin untuk mencari tahu tentang kesehatan tubuh. Seperti kadar gula dan tensi darah tubuh agar kita bisa lebih menghindari berbagai jenis penyakit seperti hipertensi.

Namun sayangnya, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak sadar bila mereka mengidap penyakit hipertensi dan hanya sedikit juga yang melakukan perawatan. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menemukan bahwa 25,8 persen masyarakat Indonesia menderita hipertensi. Namun, hanya sepertiga yang terdiagnosa dan hanya 0,7 persen kasus yang dikontrol dengan obat.

Seperti yang kita ketahui, hipertensi adalah salah satu penyebab besar dari penyakit stroke, salah satu pembunuh nomor satu di Indonesia. Dengan angka kematian 19.79 persen dari total kematian dan tingkat kematian hingga 186,29 per 100.000 orang, hal ini menempatkan Indonesia pada posisi nomor satu di dunia.

Menurut dr. Mursyid Bustami, Sp.s (K), KIC, MARS, umumnya hipertensi tidak memiliki gejala khusus, sehingga orang tidak mengetahui bahwa ia mengidap hipertensi.

“Di lain pihak kesadaran masyarakat untuk memeriksakan tekanan darah secara rutin sangat rendah. Sebagian besar masyarakat baru mengetahui bahwa dia menderita hipertensi setelah terkena penyakit akibat hipertensi. Untuk mencegah penyakit akibat hipertensi sangat diperlukan kesadaran akan pentingnya memeriksakan diri secara rutin dalam rangka deteksi dini.” Jelas Dr. Mursyid.

Dr. Mursyid juga menjelaskan, untuk mencegah terkena hipertensi lebih baik mengurangi makanan bergaram dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayuran. Dan bagi mereka yang sudah terkena hipertensi, sebaiknya segera mendapatkan perawatan dan rajin memonitor tekanan darahnya.

Dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia pada 17 Mei 2018 lalu, Philips Indonesia yang juga bagian dari Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA), ingin membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kesadaran akan penyakit tidak menular.

Suryo Suwignjo, selaku Presiden Direktur Philips Indonesia, mengatakan bahwa Philips berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat melalui edukasi dan inovasi dalam setiap tahap rentang kesehatan.

“Kami ingin membuat orang-orang menyadari pentingnya mengadopsi gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk deteksi dini. Ketika mereka jatuh sakit, mendapatkan diagnosa dan menjalani perawatan yang tepat dengan disiplin juga penting, dan kami ada di setiap tahapan itu.” terang Suryo.

Salah satu solusi Philips untuk masyarakat Indonesia yang mengidap hipertensi, yaitu Philips eCareCompanion, sebuah aplikasi telemedis yang mudah diakses pasien menggunakan tablet di rumah dan digunakan untuk membagikan informasi kesehatan dengan tim medis yang merawatnya. Hanya dengan beberapa sentuhan pada layar, pasien bisa memasukkan informasi data kesehatan dan mengirimkannya ke tim perawat untuk ditinjau.

“Indonesia memang belum semaju Amerika Serikat ataupun negara-negara Eropa, tetapi kita pelan-pelan mengarah ke sana. Harapannya, jika sudah sampai pada titik itu, solusi telemedis dan software development bisa menjadi salah satu solusi untuk memperkuat jangkauan akses layanan kesehatan di negara ini,” tutup Suryo.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
BTS Sabet Top Social Artist di Billboard Music Awards 2018