1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Hati-Hati, 6 Makanan Ini Potensi Menimbulkan Keracunan Hingga Kematian

Jum'at, 18 Mei 2018 15:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Makanan berpotensi racun/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Jika bicara tentang makanan, kita pati tahu bahwa sesuatu bisa dimakan berarti hal itu aman untuk tubuh dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya, tapi bagaimana jika ternyata ada makanan yang justru berpotensi menimbulkan keracunan hingga kematian?

Bukankah harusnya benda-benda ini tidak dikategorikan sebagai makanan? Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Selasa (15/5/2018), beberapa makanan memang punya kandungan berbahaya dan mampu membuat seseorang keracunan hingga kematian. Ini dia 6 makanan tersebut.

Kacang almond pahit mengandung racun/copyright Shutterstock.com

1. Almond
Kacang almond menjadi salah satu camilan diet yang membantu menurunkan berat badan. Tapi harus hari-hati juga mengonsumsi kacang ini karena ternyata ada jenis almond yang pahit. Jenis almond tersebut mengandung hidrogen sianida dengan jumlah yang besar. Mengonsumsi 7 hingga 10 almond pahit mentah, dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan bagi orang dewasa, dan bisa mematikan jika dikonsumsi oleh anak-anak.

2. Kentang Hijau
Jangan sembarangan makan kentang. Pilih kentang yang warnanya cokelat dan tampak sudah ranum setelah dipetik. Jangan membeli kentang yang berusia muda dan masih berwarna hijau karena memiliki zat racun glycoalkaloids. Zat ini biasanya ditemukan di bunga kecubung, juga ditemukan di dalam daun, batang, dan kecambah kentang.

Zat tersebut terbentuk ketika membiarkan kentang dalam waktu lama hingga tumbuh tunas dan terpapar cahaya. Keracunan glycoalkaloid dapat menyebabkan kram, diare, pusing, atau bahkan koma dan kematian. Hanya dengan mengonsumsi tiga sampai enam miligram zat tersebut, dapat mengakibatkan hal fatal.

Singkong mentah mengandung racun/copyright Pixabay.com/Brett_Hondow

3. Singkong
Jangan mengonsumsi singkong dalam keadaan mentah atau setengah matang karena mengandung zat berbahaya bernama sianida yang dapat mengancam keselamatan nyawa. Itulah mengapa kamu harus makan singkong dalam keadaan benar-benar matang agar tidak keracunan.

4. Mangga
Mengejutkan bukan, mangga bisa menimbulkan keracunan? Ternyata mangga yang tergolong dalam genus Anacardiaceae bisa menghasilkan zat yang dikenal sebagai urushiol, zat putih dan lengket dari buah mangga. Orang yang alergi terhadap urushiol akan mengalami kulit ruam atau melepuh.

Bagi mereka yang mengalami hipersensitivitas, sensitifnya respon imun, bahkan tidak hanya mengalami ruam, tapi juga berisiko mengalami syok anafilaksis, yaitu suatu reaksi alergi yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau bahkan kematian.

5. Biji Ceri
Meski dikenal mana dikonsumsi, namun jangan coba-coba makan biji ceri, karena ternyata bisa mengandung senyawa sianida. Biji dari buah ceri mengandung komponen cyanogenic yang mengeluarkan hidrogen sianida. Satu buah ceri mengandung 0,17 gram sianida di dalam bijinya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tak mengunyah biji yang sudah terlanjur berada di dalam mulut.

Tuna mengandung merkuri/copyright Shutterstock.com

6. Tuna
Menjadi komoditas pangan yang terkenal, bukan berarti tuna tidak menyimpan bahaya. Ikan tuna menjadi berbahaya karena tercemar dengan zat merkuri yang terdapat di lautan. Keracunan merkuri bisa menimbulkan reaksi mual, muntah, ruam kulit hingga kematian dalam dosis berlebih. Itulah mengapa sebaiknya tidak mengonsumsi tuna sering-sering.

Jadi, meski berlabel makanan, akan lebih baik jika berhati-hati dalam memilih makanan ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Film ALAS PATI - Nikita Willy & Naomi Paulinda